Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Dorong Industri TPT Terapkan Ekonomi Sirkular

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 04 Juli 2024, 08:58 WIB
Pemerintah Dorong Industri TPT Terapkan Ekonomi Sirkular
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan terus mendorong program yang mendukung industri tekstil dan produk tekstil (TPT) untuk meningkatkan keberlanjutan menuju penerapan ekonomi sirkular.

Kepala Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Tekstil Kemenperin, Cahyadi, mengatakan, pihaknya akan membantu dari sisi jasa industri maupun standardisasi, serta memberikan pendampingan dan bantuan industri untuk meningkatkan sisi keberlanjutan dan sisi sirkular.

Dalam Circular Talks yang digelar di Jakarta baru-baru ini, Cahyadi memaparkan bahwa layanan tersebut dapat dimanfaatkan, di antaranya lewat konsultasi hingga sertifikasi industri hijau untuk sisi manufaktur.

"Layanan itu bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya yang efisien sehingga mampu menghasilkan produk sirkular dari sisi hilir," jelasnya, dikutip Kamis (4/7).

Pihaknya juga fokus membantu industri TPT dengan menghadirkan layanan dan pusat solusi.

Lewat layanan itu ia berharap industri TPT semakin berkembang dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan dari sisi pemanfaatan sumber daya baik energi, sumber daya manusia hingga penggunaan air.

Penggunaan sumber daya yang efisien termasuk mengolah kembali sisa material produksi menjadi produk bernilai ekonomi menjadi kunci keberhasilan industri TPT. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA