Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Stakeholder

Iperindo Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Industri Galangan Kapal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 02 Juli 2024, 16:09 WIB
Iperindo Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Industri Galangan Kapal
pelatihan Welding Inspector Comprehensive yang digelar pada 29-30 Juni 2024/Ist
rmol news logo Seiring perkembangan industri galangan kapal di Indonesia, kualitas pengelasan menjadi faktor krusial dalam memastikan keamanan dan keandalan kapal yang diproduksi. Pengelasan yang berkualitas tinggi memerlukan keahlian dan pengawasan yang baik dari seorang Welding Inspector menjadi sangat penting.

Seorang Welding Inspector adalah seseorang atau profesi yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknik pengelasan, standar pengelasan internasional, dan mampu melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap proses pengelasan untuk memastikan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

Dalam konteks ini, pelatihan Welding Inspector Comprehensive memiliki urgensi yang besar bagi perusahaan galangan kapal.

Proses pengelasan yang tidak hanya berkualitas tinggi namun juga sesuai dengan standar internasional dapat mengurangi risiko kecelakaan dan kegagalan struktural pada kapal yang diproduksi. Pelatihan ini tidak hanya mengasah kemampuan teknis para tenaga kerja, tetapi juga meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi dan standar keselamatan industri.

Training dan Sertifikasi Welding Inspector Comprehensive telah dilaksanakan pada 29-30 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 9 perusahaan galangan kapal berbeda.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Iperindo (Institusi Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia) dan BPSDMI Kementerian Perindustrian, dengan dukungan dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan LSP Perkapalan Nusantara.

“Seluruh rangkaian kegiatan di-handle oleh Iperindo, bersama dengan stakeholder terkait, agar ke depan dapat dirasakan manfaatnya,” kata Ketua Umum Iperindo, Anita Puji Utami dalam keterangannya yang diterima redaksi, Selasa (2/7).

Pelatihan ini dikelola Edumaritim selaku pihak yang bekerja sama dengan Iperindo dalam pengelolaan pelatihan dan sertifikasi. Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan program pelatihan lainnya yang didukung oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian di Surabaya pada tanggal 14 Juni 2024. Setelah itu kegiatan pelatihan dimulai pada tanggal 19-28 Juni 2024 dan berlokasi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Lanjut Anita, pelatihan ini berlangsung selama 10 hari intensif, yang mencakup teori dan praktik. Peserta diajarkan tentang berbagai teknik pengelasan, inspeksi visual, uji non-destruktif, serta pemahaman mendalam terhadap standar internasional seperti AWS D1.1, ASME Section IX, dan ABS Rules for Building and Classing Steel Vessels.

“Bukan hanya kemampuan teknis, peserta juga dibekali oleh kemampuan non teknis/softskill. Beberapa materi softskill yang diberikan ke peserta antara lain produktivitas bekerja, etos kerja, effective supervisory, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3),” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, dalam pelaksanaan pelatihan teknis maupun non teknis, peserta juga diberikan lembar kerja atau worksheet untuk memperdalam pemahaman peserta terhadap materi yang telah didapatkan.

Setelah tahap pelatihan, dilanjutkan dengan ujian sertifikasi selama 2 hari untuk mengukur pemahaman dan keterampilan yang telah diperoleh peserta. Proses sertifikasi peserta didukung oleh LSP Perkapalan Nusantara sebagai lembaga yang menjembatani proses sertifikasi untuk dapat mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Kesuksesan dan antusiasme dari para peserta serta dukungan kuat dari stakeholder industri menunjukkan kemungkinan adanya kelanjutan pelatihan dengan skema yang sama di beberapa lokasi di Indonesia,” ungkap dia.

“Langkah ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas industri galangan kapal secara nasional, sehingga mampu bersaing di pasar global dengan produk-produk berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA