Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seribu Karyawan Bakal Pensiun, POS Indonesia Jalin Kemitraan untuk Efisiensi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Juni 2024, 09:01 WIB
Seribu Karyawan Bakal Pensiun, POS Indonesia Jalin Kemitraan untuk Efisiensi
POS Indonesia/Net
rmol news logo Sekitar 1.000 karyawan POS Indonesia bakal pensiun tahun ini. Namun begitu, perusahaan hanya akan mencari penggantinya sebanyak 10 persen saja atau sekitar 100 hingga 150 karyawan baru.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, langkah ini sejalan dengan upaya efisiensi perusahaan yang akan bertransformasi dalam bisnis pengirimannya dengan menginvestasikan dana untuk teknologi robotik dan digitalisasi.

Menurut Faizal, perusahaan akan menjalin kemitraan dengan pihak ketiga sebagai upaya efisiensi. Beberapa bidang yang akan diganti dengan kemitraan antara lain penjaga loket serta pengantar logistik.

“Sekitar 100-150 orang saja, kita rekrut langsung yang sarjana, sedangkan yang karyawan seperti jaga loket, yang antar kita ganti dengan kemitraan. Jadi polanya bukan karyawan tetap atau karyawan kontrak, tapi melalui kemitraan, sangat efektif dan itu yang menyelamatkan kita,” kata Faisal, dikutip Selasa (18/6).

Ia tak menampik bahwa investasi pada robotik dan digitalisasi membutuhkan biaya yang sangat besar.

Namun, hal ini akan membuat perusahaan bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

“Jadi dengan investasi di robotik, digitalisasi yang cukup memakan dana yang besar, itu akan mengurangi profitabilitas kita di tahun ini. Tapi mudah-mudahan dalam jangka panjang, karena lebih efisien di cara mengoperasikan perusahaan ini, jadi jangka panjang nanti kembali lagi profit-nya,” terang Faizal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA