Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anjlok Lagi, Rupiah Tembus Rp16 Ribu Usai Libur Panjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 27 Mei 2024, 14:28 WIB
Anjlok Lagi, Rupiah Tembus Rp16 Ribu Usai Libur Panjang
Ilustrasi/Net
rmol news logo Nilai tukar (kurs) rupiah dibuka kembali berada di level Rp16.026 per dolar AS pada pembukaan perdagangan Senin (27/5).

Mata uang garuda itu terpantau kembali berada di zona merah, melemah 0,19 persen setelah libur panjang Waisak.

Berbanding terbalik, mayoritas mata uang di kawasan Asia pada hari ini justru terpantau kompak menguat. Misalnya peso Filipina yang menguat 0,20 persen, baht Thailand 0,24 persen, dolar Singapura 0,04 persen, dan yuan China 0,01 persen.

Selain itu, yen Jepang juga terpantau menguat 0,12 persen, dan dolar Hong Kong melonjak 0,02 persen pada pembukaan perdagangan hari ini.

Melemahnya rupiah yang kembali bertengger di atas Rp16 ribu ini terjadi di tengah dolar AS yang terus menguat, setelah bank sentral AS (The Fed) pada pekan lalu memberi sinyal hawkish atau pengetatan kebijakan moneternya untuk mengendalikan inflasi.

"Rupiah diperkirakan akan melemah terhadap dolar AS yang menguat selama liburan minggu lalu setelah the Fed memberikan pernyataan hawkish," ujar pengamat komoditas dan mata uang, Lukman Leong dalam analisis hariannya.

Ia pun memperkirakan rupiah akan bergerak di rentang Rp15.950 per dolar AS hingga Rp16.100 per dolar AS.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA