Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Daging di Jakarta Tembus Rp225 Ribu Per Kg, Realisasi Impor harus Disegerakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 03 April 2024, 03:48 WIB
Harga Daging di Jakarta Tembus Rp225 Ribu Per Kg, Realisasi Impor harus Disegerakan
Pedagang daging di Pasar Parung, Bogor, Selasa (2/4)/RMOL
rmol news logo Harga daging sapi di akhir Ramadan saat ini terus tak terkendali. Harga daging di sejumlah provinsi mengalami lonjakan signifikan.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, rata-rata harga daging sapi (per kg) harian di pasar modern di beberapa provinsi tercatat Rp163,62 ribu per kg, data per Selasa (2/4).

Secara keseluruhan, rata-rata minggu ini turun dibandingkan rata-rata minggu sebelumnya yang tercatat Rp164,34 ribu rupiah per kg.

Harga daging sapi harian di pasar modern DKI Jakarta menjadi yang termahal se-Indonesia dengan harga jual Rp225,9 ribu rupiah per kg.

Harga tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Kota Depok dan Bogor yang masih di kisaran Rp130 ribuan per Selasa (2/4).  

Dibandingkan sebulan lalu, harga daging sapi di provinsi ini lebih tinggi. Sebelumnya tercatat pada angka 149,9 ribu rupiah per kg.

Sementara di pasar modern Lampung, harga daging sapi dijual seharga Rp 183,95 ribu rupiah per kg dan menjadi yang termahal kedua di dalam negeri.

Pemerintah sudah menyiasati berbagai langkah strategis dalam menghadapi lonjakan harga tersebut. Di antaranya dengan menyikapi realisasi impor yang ditetapkan sebelumnya dalam Rakortas tanggal 13 Desember 2023.

Dalam amanat PP 11/2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemasukan Ternak Dan/Atau Produk Hewan Dalam Hal Tertentu Yang Berasal Dari Negara Atau Zona Dalam Suatu Negara Pemasukan, pemerintah harus menggandeng pihak BUMN dan swasta untuk menekan gejolak harga bahan pokok, salah satunya daging.

Pemerintah diharapkan secepatnya menerbitkan izin impor terkait agar para pelaku usaha bisa segera melakukan pemasukan impor daging guna menekan harga di dalam negeri jelang Lebaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA