Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebaran 2024, Stok Gula dan Minyak Goreng Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 27 Maret 2024, 11:10 WIB
Lebaran 2024, Stok Gula dan Minyak Goreng Aman
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Komoditas pokok seperti gula, minyak goreng, tepung terigu, jagung, untuk industri makanan, dalam kondisi aman hingga 1-1,5 bulan ke depan. Begitu juga dengan bahan baku daging untuk industri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, stok bahan baku daging untuk industri juga masih aman untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 2024.

“Begitu juga air minum dalam kemasan yang produksinya sebesar 32,6 miliar liter per tahun, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sebesar 32,5 miliar liter per tahun,” ujarnya dalam acara Bazar Lebaran 2024 di Jakarta, yang dikutip Rabu (27/3).

Menperin mengatakan industri makanan dan minuman (mamin) menjadi sektor yang memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Kemenperin mencatat pada  2023 kontribusi industri ini mencapai 39,10 persen terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) industri nonmigas, serta 6,55 persen terhadap PDB nasional.

Bazar Lebaran 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menghadirkan berbagai macam bahan mamin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor tersebut.

Bazar berlangsung selama empat hari yaitu 25-28 Maret, dengan menghadirkan 70 pelaku usaha yang berasal dari industri kecil, menengah, maupun besar.

Penyelenggaraan Bazar Lebaran diharapkan bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan berbagai produk-produk industri makanan dan minuman menjelang Lebaran, sekaligus memperlihatkan tren permintaan terhadap barang kebutuhan pokok terus meningkat. Untuk itu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, di samping menjaga ketersediaan stok di pasar, juga perlu didukung dengan pendistribusian yang tepat sasaran.

“Pelaksanaan Bazar Lebaran juga merupakan bentuk kepedulian dan wujud partisipasi Kementerian Perindustrian dalam menyambut Lebaran dengan meningkatkan peran Plasa Pameran industri yang bisa dimanfaatkan oleh para perajin dan pengusaha untuk berpromosi," kata Menperin.

Ia menambahkan, Bazar ini juga sekaligus membantu masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA