Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenperin Dukung Forsta Kembangkan Dialyser Produksi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Februari 2024, 10:12 WIB
Kemenperin Dukung Forsta Kembangkan Dialyser Produksi Indonesia
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier saat mengunjungi stand PT. Forsta Kalmedic Global di Arab Health 2024/Net
RMOL.  Dialyser, yang digunakan dalam penanganan penyakit ginjal khususnya untuk pasien hemodialisa ternyata banyak mendapat perhatian dari pengunjung di Arab Health 2024.

Ini adalah salah satu alat kesehatan yang diproduksi PT. Forsta Kalmedic Global (Forsta) yang diboyong ke ajang Arab Health 2024 yang berlangsung di Dubai World Trade Center pada 29 Januari-1 Februari 2024.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dan karakteristik pola hidup dari masyarakatnya, dinilai sangat rentan terhadap permasalahan ginjal.

Angka kematian akibat ginjal kronis di Indonesia mencapai lebih dari 42 ribu lebih jiwa menurut Kementerian Kesehatan 2023. Hal ini menempatkan produk dialyser menjadi salah satu kebutuhan mendesak di Indonesia.

Pengembangan produk ini secara lokal diharapkan mampu membantu penanganan kasus-kasus tersebut dengan lebih cepat dan efisien.

Forsta sebagai anak perusahaan dari PT. Enseval Medika Prima yang tergabung dalam Kalbe Group turut mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk alat kesehatan buatan lokal di ajang Arab Health 2024.

Forsta telah membangun fasilitas untuk memproduksi dialyser di dalam negeri, sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia. Tahun 2023 Forsta telah selesai membangun fasilitas ruang produksi dan tahun 2024 siap untuk memasarkan dialyser pertama produksi Indonesia.

Direktur PT. Forsta Kalmedic Global mengatakan di sela-sela pelaksanaan pameran Arab Health 2024, bahwa Forsta melakukan transfer teknologi melalui kerja sama dengan berbagai mitra di luar negeri untuk pengembangan teknologi dan komponen material utamanya seperti Italia, Jerman, dan China, serta tetap menggandeng perusahaan dalam negeri di Indonesia.

“Untuk produk dialyser sendiri, Forsta bekerja sama dengan salah satu perusahaan terkemuka asal Italia, yaitu Tecnoideal Srl. Dalam Kerja sama ini, Forsta mendapatkan kesempatan untuk memproduksi dialyser dengan bantuan dan teknologi yang dimiliki oleh partner global,” ujar Yvone. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA