Pengukuran ini mencakup pembelian baik di dalam toko maupun secara online dari tanggal 1 November hingga 24 Desember, dan mencakup semua jenis pembayaran.
Serbuan belanja selama musim liburan tersebut sejalan dengan gelombang optimisme di kalangan pengamat AS.
Namun begitu, mayoritas transaksi pembelian dilakukan secara online dan begitu pesat, menurut Mastercard ExpingPulse. Sementara pertumbuhan pembelian di dalam toko berlangsung lebih lambat.
Kepala ekonom di Mastercard Economics Institute, Michelle Meyer, mengatakan, konsumen nampak lebih semangat berbelanja di musim liburan.
Menurut data Mastercard ShoppingPulse, peningkatan pengeluaran selama musim liburan mencapai puncaknya terutama di sektor restoran, di mana pembelian mengalami pertumbuhan pesat sebesar 7,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Perluasan aktivitas belanja juga menonjol di kategori pakaian, yang mengalami kenaikan sebesar 2,4 persen, sementara penjualan barang elektronik turun 0,4 persen.
Amazon.com dan Walmart telah meningkatkan promosi sepanjang November untuk menarik pembeli yang menyambut liburan Natal dan Tahun baru. Banyak dari mereka yang berburu barang murah, walaupun untuk tahun ini pemberian diskon tidak sebesar tahun lalu.
BERITA TERKAIT: