Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IKN akan Miliki 7 Rumah Sakit, Jokowi Minta Masyarakat Tidak Berobat di Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 20 Desember 2023, 22:04 WIB
IKN akan Miliki 7 Rumah Sakit, Jokowi Minta Masyarakat Tidak Berobat di Luar Negeri
Presiden Jokowi saat Groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di IKN, Penajam Paser Utara, 20 Desember 2023/Tangkapan layar Youtube Setpres RI
rmol news logo Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memiliki tujuh rumah sakit dari pihak swasta dan pemerintah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Saat ini sudah ada empat RS yang resmi dibangun di IKN, yaitu RS Hermina, RS Abdi Waluyo, RS Mayapada, dan terbaru Rumah Sakit Umum Pusat di IKN. Selain itu terdapat tiga RS lainnya yang masih menunggu untuk dibangun.

Presiden Jokowi dalam sambutan di acara Groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di IKN menyebut bahwa para investor banyak yang mengantri untuk membangun RS di ibu kota baru Indonesia tersebut.

"Saya enggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang dirikan RS," kata Jokowi pada Rabu (20/12).

Dengan banyaknya RS yang dibangun di IKN, Jokowi berharap tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

"Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semua tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke AS untuk kesehatannya. Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di IKN khususnya," tutur Jokowi.

Sementara dalam gilirannya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa sejumlah pembangunan rumah sakit yang saat ini sedang berlangsung di IKN akan rampung pada pertengahan tahun 2024.

Untuk itu, rumah sakit tersebut diyakini sudah bisa digunakan sebelum ibu kota negara resmi pindah.

"Rencananya sebelum nanti 17 Agustus, ada 4 rumah sakit yang ditargetkan rampung yakni 1 rumah sakit vertikal dan 3 rumah sakit swasta. Saya sudah sampaikan kepada semua pemilik rumah sakit kalau RS harus rampung sebelum kawasan IKN dihuni," tutur Budi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA