Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Berkongsi, TikTok Suntik Dana Investasi Sebesar Rp 23,4 Triliun ke GoTo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 11 Desember 2023, 12:56 WIB
Resmi Berkongsi, TikTok Suntik Dana Investasi Sebesar Rp 23,4 Triliun ke GoTo
Ilustrasi/Bloomberg
rmol news logo Platform berbagi video pendek dari China, TikTok, secara resmi menjalin kerja sama dengan berkongsi bersama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo).

Dalam pengumumannya, kedua pihak itu sepakat menjalin kemitraan strategis dengan fokus memberdayakan dan memperluas pasar UMKM lokal untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Melalui kesepakatan tersebut, nantinya bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah naungan PT Tokopedia, dan TikTok juga akan memiliki andil pengendalian atas PT Tokopedia.

"Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," kata pernyataan bersama yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (11/12) ini.

Sebagai bagian dari kesepakatan, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar (Rp 23,42 triliun), untuk mendukung operasional Tokopedia.

Dengan investasi tersebut, kedua pihak itu berharap dapat memberikan manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM dalam negeri dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun ke depan.

"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo," kata mereka.

Kemitraan strategis ini akan melewati masa uji coba yang dilaksanakan dengan pengawasan dan konsultasi dari kementerian dan lembaga terkait, dengan program yang akan diluncurkan dalam kampanye Beli Lokal pada 12 Desember 2023, atau bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA