Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng MCI, Bank BTN Bentuk Program Pendanaan BTN Fund

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 08 Desember 2023, 17:25 WIB
Gandeng MCI, Bank BTN Bentuk Program Pendanaan BTN Fund
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk./Net
rmol news logo PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menjalin kerja sama dengan PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) untuk membentuk program pendanaan bertajuk BTN Fund.

Melalui BTN Fund, Bank BTN dapat berinvestasi pada perusahaan rintisan yang bergerak di bidang properti dan industri terkait lainnya untuk mendongkrak sektor perumahan di Tanah Air.  

Direktur Risk Management Bank BTN, Setiyo Wibowo mengatakan, kolaborasi tersebut akan melengkapi ekosistem perumahan berbasis digital yang dimiliki perseroan.

Kemitraan tersebut juga menjadi upaya peningkatan kapabilitas Bank BTN dalam sektor perumahan di tengah momentum stimulus pajak 0 persen untuk rumah di bawah Rp2 miliar dari Pemerintah.

“Pembentukan BTN Fund diharapkan dapat menciptakan demand, memperluas pangsa pasar, dan membuka segmen baru bagi Bank BTN dalam penyediaan solusi end to end di sektor perumahan,” kata Setiyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/12).

Selain memberi pendanaan startup di sektor properti, BTN Fund juga dirancang untuk berinvestasi pada usaha rintisan lain yang sejalan dengan bisnis Bank BTN. Di antaranya, proptech, mortgage tech, fintech, embedded finance, construction tech, open finance, SaaS, dan sektor strategis lainnya.

Menurut Setiyo, sektor perumahan di Indonesia memiliki peluang besar untuk bertumbuh. Potensi itu ditunjukkan dari angka backlog perumahan yang mencapai 12,7 juta unit.

Kenaikan di sektor properti mulai terlihat dari harga rumah yang mulai meningkat sejalan dengan penambahan permintaan akan hunian.

“Kami yakin, berbagai industri turunan dari properti, termasuk usaha rintisan juga ikut terdongkrak dari peluang dan peningkatan tersebut," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA