Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakal Disinggahi 3 Kapal Pesiar, Pemkot Sabang Lirik Potensi Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 29 November 2023, 04:42 WIB
Bakal Disinggahi 3 Kapal Pesiar, Pemkot Sabang Lirik Potensi Ekonomi
Kapal Pesiar MV. Azamara Journey/Ist
rmol news logo Kota Sabang kembali akan disinggahi kapal yang membawa wisatawan mancanegara melancong ke Pulau Weh. Ada tiga kapal pesiar yang dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang, pada Desember 2023 mendatang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Faisal Azwar mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pelayanan terhadap kedatangan kapal pesiar nantinya.

“Iya dengan kedatangan kapal pesiar itu sangat bagus untuk Sabang. Nanti kita coba tawarkan beberapa paket wisata baru, hingga desa wisata,” kata Faisal Azwar kepada Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (28/11).

Dia menuturkan, bahwa Dispar Sabang juga akan mempersiapkan paket wisata baru bagi turis asing penumpang kapal pesiar tersebut.

“Kita mempersiapkan penyambutan di stand kota, di tempat desa wisata, juga UMKM di sekitar pelabuhan. Kita juga berikan pelayanan dan wisatawan berkunjung ke desa wisata kita siapkan gratis,” jelasnya.

Faisal menyebut, bahwa para turis penumpang kapal pesiar nantinya juga akan dibawa ke Festival Wisata Cot Ba’u yang diberikan secara gratis.

Selain itu, kata dia, pihaknya berharap kedatangan tiga kapal pesiar di Sabang pada akhir tahun ini dapat meningkatkan ekonomi pelaku UMKM di Pulau Weh.

“Kemudian dari pihak BSI menyediakan money changer di Pelabuhan, sehingga para turis juga mudah saat menukar uang,” ujar Faisal.

Adapun kapal pesiar yang singgah di Sabang pada 2 Desember 2023, yakni MS. Azamara Journey, berbendera Malta. Kapal pesiar ini memiliki panjang 181 meter dan membawa 582 penumpang.

Selanjutnya, pada 15 Desember 2023, kapal pesiar Vasco Da Gama, berbendera Portugal juga akan berlabuh di Sabang.

Kapal pesiar ini memiliki panjang 219 meter dan membawa 1.258 turis asing.

Kemudian kapal pesiar MV. Seabourn Encore yang berbendera Bahamas dijadwalkan singgah di Sabang pada 19 Desember 2023. Kapal pesiar ini memiliki panjang 264 meter dan membawa 532 penumpang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA