Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KSEI: Investor Pasar Modal Didominasi Milenial dan Gen Z Lebih dari 80 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Oktober 2023, 08:05 WIB
KSEI: Investor Pasar Modal Didominasi Milenial dan Gen Z Lebih dari 80 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Investor pasar modal mengalami pertumbuhan konsisten selama beberapa tahun terakhir. Bahkan antusiasme investor muda berinvestasi di pasar modal menunjukkan peningkatan.

Data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per September 2023 menunjukkan investor pasar modal di Indonesia masih didominasi oleh milenial dan gen Z dengan usia 30 tahun ke bawah dan 31-40 tahun dengan jumlah mencapai lebih dari 80 persen.

Kepemilikan aset investor muda pun cenderung meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini memperlihatkan peningkatan antusiasme investor muda. Dari sisi pekerjaan, 32,86 persen investor merupakan pegawai, disusul dengan pelajar sebesar 26,50 persen.

Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menyoroti hal tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS Luar Biasa (RUPSLB)  di Jakarta, hari ini, Jumat (27/10).

Dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia, Samsul juga memaparkan bahwa jumlah investor pasar modal Indonesia yang tercatat di KSEI berdasarkan single investor identification (SID) telah mencapai 11,72 juta sampai dengan September 2023.

Menurutnya, pertumbuhan investor selama sekitar 10 bulan terakhir ditopang oleh pertumbuhan investor reksa dana sebesar 14,47 persen dan investor Surat Berharga Negara (SBN) 15,45 persen.

Pertumbuhan juga dicatatkan oleh investor saham selama sekitar 10 bulan terakhir yang meningkat 13,27 persen.

Secara rinci, jumlah investor pasar modal terdiri dari 5,02 juta investor saham, 10,99 juta investor Reksa Dana, dan 959 ribu investor surat berharga negara (SBN). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA