Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementerian ESDM Beri Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis untuk 1.935 Warga di Kabupaten Tuban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 16:40 WIB
Kementerian ESDM Beri Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis untuk 1.935 Warga di Kabupaten Tuban
Representative Image/Net
rmol news logo Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) secara gratis kepada 1.935 warga yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Program itu bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi sekaligus mewujudkan akses listrik yang lebih merata bagi seluruh masyarakat.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Kementerian ESDM pada Kamis (26/10), program BPBL ini disebut sebagai upaya pemerintah untuk memastikan bahwa seluruh warga bisa menikmati manfaat dari listrik secara mandiri, tanpa harus bergantung pada sumber daya listrik dari tetangga mereka.

"Listrik itu sangat penting, jadi kalau selama ini mungkin Bapak-Ibu menyambung dari tetangga maka dengan adanya BPBL ini mampu dengan sendirinya untuk memanfaatkan listrik," kata Ahli Madya di Kementerian ESDM, Arief Indarto.

Pentingnya program ini juga diakui oleh anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari, yang menyatakan bahwa Program BPBL 2023 akan memberikan peluang bagi masyarakat untuk menggerakan perekonomian lokal.

"Pemasangan listrik ini diberikan secara gratis, diharapkan dengan listrik ini masyarakat bisa membuka peluang usaha, seperti dicontohkan tadi, dengan adanya listrik bisa beli kulkas dan jualan es batu," ujar Ratna.

Dalam program tersebut, setiap penerima bantuan BPBL tidak hanya mendapatkan penyambungan listrik baru secara gratis tetapi juga pemasangan instalasi listrik.

Selain itu, mereka juga dibebaskan dari biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan menerima token listrik perdana senilai Rp 100 ribu.

Adapun calon penerima BPBL dipilih berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial, dengan fokus pada warga yang tinggal di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T), atau yang memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL.

Program BPBL sendiri saat ini tercatat telah memberikan manfaat kepada sekitar 19.500 rumah tangga di Provinsi Jawa Timur. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA