Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival Batik Demak Diharapkan Mampu Genjot Ekonomi Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 22 Oktober 2023, 03:51 WIB
Festival Batik Demak Diharapkan Mampu Genjot Ekonomi Masyarakat
Peserta Batik Demak'an di fashion show OPD dan BUMD serta Forkopimda di acara Festival Batik Khas Demak, Sabtu (21/10)/RMOLJateng
rmol news logo Batik bukan hanya kain, namun  sebuah mahakarya yang memilki sejarah panjang dengan makna dan filosofi dalam setiap torehannya, sehingga harus dilestarikan.

Hal tersebut disampaikan Sekda Demak, Ahkmad Sugiharto selaku Ketua gelaran Festival Batik Demak'an 2023, di Halaman Sport Center Demak Istimewa, Sabtu (21/10).

Dia menjelaskan, di Demak terdapat 22 komunitas batik. Mulai dari desainer, pengrajin, pemilik toko hingga craft.

“Sehingga acara seperti Festival Batik perlu sekali dilakukan, tentunnya untuk pengambangan Batik. Terutama Batik khas Demak,” ujar Akhmad dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (22/10).

"Acara ini  sebagai rangkaian dari Hari Batik Nasional yang jatuh di tanggal 2 Oktober, dimana komunitas Batik Demak bersinergi bersama dengan didukung Bupati, juga Komunitas Rumah Kreatif, seni dan juga tentunya support dari BUMN," tambahnya.

Bupati Demak, dr Eisti'anah mengapresiasi acara yang  memperkenalkan corak Batik khas Demak tersebut. Menurutnya, ini sebagai upaya handarbeni dan mempromosikan kekayaan yang dimiliki Demak.

Dia juga mengakui, banyak masyarakat  yang tidak paham bahwa Demak memiliki pola khas Batik sendiri. Sehingga ini momen yang tepat untuk memperkenalkan batik Demak.

"Mari kita kenalkan. Karena kita setiap daerah memiliki khas sendiri dan kita harus bangga karena kita juga punya ciri khas sendiri," terang Bupati.

Dengan adanya Festival Batik Demak'an diharapkan perekonomian Demak bisa meningkat.

"Dengan adanya festival ini, maka akan bermunculan minat untuk memasarkan Batik, sehingga perekonomian berputar untuk kesejahteraan masyarakat Demak," pungkas Bupati Demak.

Dalam acara itu ada pula fashion show dengan penampilan pejabat Forkopimda serta Kepala OPD dan BUMD Demak yang berjalan di catwalk mengenakan Batik khas Demak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA