Hal ini disampaikan anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago dalam rilisnya.
Masih lemahnya pengawasan BPJS Kesehatan itu, menurut politikus Partai Nasdem ini berbanding lurus dengan lemahnya pelayanan kesehatan rumah sakit terhadap peserta BPJS.
"Administrasi yang belum tertata dengan baik, membuat pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan juga tidak maksimal," ujarnya.
Irma menyebutkan, ada satu kasus di mana biaya yang diterapkan pihak BPJS kepada rumah sakit tanpa adanya dokumen, dan pembebanan ini disampaikan hanya secara lisan. Selain itu, Irma juga menyebut masih banyaknya kesalahan sistem distribusi kartu BPJS, yang mengesankan adanya diskomunikasi antara pihak kementerian sosial dan BPJS.
"Mereka (BPJS) mengeluarkan biaya bagi peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran), tapi tidak mengetahui kemana kartu itu diberikan. Seharusnya ini tidak boleh terjadi," tambahnya.
Dengan persoalan di atas, menurut dia, salah satu jalan keluarnya yakni mengoptimalkan peran Badan Pengawas BPJS.
[wid]
BERITA TERKAIT: