Berita

Pertahanan

TNI Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

SENIN, 11 AGUSTUS 2014 | 14:33 WIB | LAPORAN:

Panglima TNI Jenderal Moeldoko didampingi Kepala Staf Angkatan dan pejabat teras Mabes TNI menggelar deklarasi dan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan TNI yang bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Senin, (11/8).

Penandatanganan yang disaksikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri PANRB Azwar Abubakar, Ketua KPK Abraham Samad, dan Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana itu dilakukan dalam rangka mewujudkan wilayah bebas korupsi di lingkungan TNI.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 60 tahun 2012 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kementerian/Lembaga Pemerintah Daerah, dan Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 14 tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

Deklarasi itu secara umum menyasar percepatan pemberantasan korupsi sesuai dengan Inpres Nomor 5 Tahun 2004, serta memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan dalam membangun Zona Integritas untuk mewujudkan Wajib Bebas Korupsi atau Wilayah Birokrasi Bersama dan Melayani.

Sementara itu, secara khusus juga digelar penandatanganan dokumen fakta integritas, pemenuhan kewajiban Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara, pemenuhan akuntabilitas kinerja, pemenuhan kewajiban pelaporan keuangan, penerapan disiplin TNI/PNS, penerapan kode etik khusus, penerapan kebijakan publik, penerapan whistleblower system tindak pidana korupsi, rekrutmen terbuka, promosi jabatan dan pengukuran kinerja individu sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta keterbukaan informasi publik. [mel]

Populer

UPDATE

Selengkapnya