Dimensy.id
R17

Ahli NASA: Misteri Keberadaan Alien akan Segera Terungkap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Oktober 2024, 10:53 WIB
Ahli NASA: Misteri Keberadaan Alien akan Segera Terungkap
Ilustrasi/AI
rmol news logo Misteri tentang keberadaan mahluk lain selain manusia atau yang selama ini dikenal sebagai alien diyakini akan segera terungkap. 

Baru-baru ini, pembuat film Inggris, Simon Holland, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah wawancara bersama Daily Mail. Ia mengatakan tanda-tanda kecerdasan non-manusia di galaksi telah ditemukan, dan buktinya akan dipublikasikan dalam waktu satu bulan.

Dalam wawancara tersebut sutradara yang telah mengerjakan berbagai film dokumenter untuk proyek pelacakan asteroid yang didanai NASA itu berbicara  tentang semburan gelombang radio berdurasi lima jam yang awalnya terdeteksi oleh teleskop berbasis Bumi lima tahun lalu.

Menurut Holland, sinyal tersebut saat ini sedang dianalisis ulang oleh tim peneliti di Universitas Oxford sebagai bagian dari Breakthrough Listen, sebuah inisiatif senilai 100 juta Dolar AS yang dipimpin oleh fisikawan Israel kelahiran Moskow Yuri Milner yang didedikasikan untuk pencarian kecerdasan luar angkasa.

“Mereka mencari rincian, oleh karena itu terjadi keterlambatan dalam penerbitan berita,” klaim Holland, seraya menambahkan bahwa karena lemahnya sinyal radio, para ilmuwan mengalami “kendala teknis.”

Pada tahun 2019, teleskop Australia mendeteksi “sinyal aneh” saat mengamati sistem Proxima Centauri, bintang terdekat dengan tata surya kita, yang terletak sekitar 4,2 tahun cahaya jauhnya.

Dinamakan Breakthrough Listen Candidate-1 (BLC-1), sinyal misterius itu awalnya diyakini berasal dari planet lain, dan para ilmuwan berharap itu dapat menunjukkan adanya kehidupan.

Pada tahun 2021, para peneliti Berkeley kemudian  menyarankan bahwa hal tersebut kemungkinan merupakan “hasil positif palsu” yang disebabkan oleh “dua pemancar berbeda di Bumi yang bercampur satu sama lain” dan “jelas bukan alien.”

Namun, kata Holland, mengutip sumber di Breakthrough Listen, semakin banyak bukti kuat yang menunjukkan bahwa sinyal itu mungkin memang berasal dari spesies alien tingkat tinggi.

Mantan produser film yang beralih profesi menjadi pendidik sains itu mengatakan teori ini didukung oleh administrator teleskop radio senior Uni Eropa. Tim Oxford telah mengonfirmasi kepada Daily Mail bahwa mereka tengah menganalisis sinyal tersebut, tetapi tidak menjelaskan alasannya.

“Kami telah menemukan kecerdasan luar angkasa non-manusia di galaksi kita, dan orang-orang tidak mengetahuinya," kata Holland.

Holland, yang menggambarkan dirinya sebagai editor film BBC yang sudah pensiun, memiliki acara YouTube yang disebut 'Profesor Simon' dan percaya bahwa Breakthrough sekarang sedang terburu-buru mengumumkan temuan mereka untuk mengalahkan peneliti Tiongkok, yang dilaporkan menemukan sinyal alien pada tahun 2022 dan dapat segera mempublikasikan temuan mereka.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA