Dimensy.id
R17

1 Miliar Pengguna Internet Tiongkok Khawatir ID Virtual Disalahgunakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 06 Agustus 2024, 09:14 WIB
1 Miliar Pengguna Internet Tiongkok Khawatir ID Virtual Disalahgunakan
Ilustrasi maskot Weibo
rmol news logo Tidak kurang dari 1 miliar pengguna internet di Tiongkok khawatir dengan rencana pemerintah melindungi informasi pribadi dan melawan penipuan. Banyak yang khawatir rencana itu akan berdampak sebaliknya.

VOA melaporkan, Kementerian Keamanan Publik dan Administrasi Ruang Siber Tiongkok mengeluarkan rancangan "Langkah-langkah untuk Administrasi Layanan Publik Autentikasi Identitas Jaringan Nasional" pada 26 Juli.

Menurut usulan tersebut, warganet Tiongkok akan dapat mengajukan permohonan ID virtual secara sukarela untuk "meminimalkan pengumpulan dan penyimpanan informasi pribadi warga negara yang berlebihan oleh platform daring" dan "melindungi informasi pribadi."

Banyak warganet yang mengeluhkan terlalu banyak akses ke informasi pribadi mereka. Ada juga yang khawatir usulan ID siber, jika diterapkan, hanya akan memungkinkan pemerintah untuk melacak mereka dengan lebih mudah dan mengendalikan apa yang dapat mereka katakan secara daring.

“Pendapat saya singkat: Saya tidak setuju dengan ini. Tolong beri sedikit ruang untuk privasi warga negara,” tulis seorang pengacara di Beijing, Wang Cailiang, di akun Weibo. 

Tak lama setelah proposal tersebut dipublikasikan, profesor hukum Universitas Tsinghua Lao Dongyan mengunggah di akun Weibo miliknya, "ID siber itu seperti memasang monitor untuk mengawasi perilaku daring setiap orang."

Unggahannya telah menghilang, bersama dengan banyak komentar negatif lainnya yang hanya dapat ditemukan di platform media sosial asing seperti X dan Free Weibo, mesin pencari anonim dan tidak terblokir yang didirikan pada tahun 2012 untuk menangkap dan menyimpan unggahan yang disensor oleh Sina Weibo Tiongkok atau dihapus oleh pengguna.

Seorang pengguna Weibo dengan nama "Liu Jiming" mengatakan, "Pihak berwenang dengan sungguh-sungguh mengumumkan [proposal] dan meminta pendapat publik sambil memblokir orang-orang untuk mengungkapkan pendapat mereka. Pertunjukan demokrasi yang kikuk ini benar-benar mengejutkan.”

Beijing menggunakan jaringan sensor yang luas untuk memblokir dan menghapus konten yang sensitif secara politis, yang oleh para kritikus dikenal sebagai Tembok Api Besar.

Sejak 2017, Tiongkok telah mewajibkan penyedia layanan internet dan konten untuk memverifikasi nama asli pengguna melalui ID nasional, yang memungkinkan pihak berwenang melacak dan melacak aktivitas daring dan posting ke sumbernya dengan lebih mudah.

Pakar internet Tiongkok mengatakan netizen dapat mempersulit hal itu dengan menggunakan akun, penyedia, ID, dan nama orang lain di berbagai platform. Namun, para kritikus khawatir satu ID siber akan menutup celah-celah tersebut di Tembok Api Besar.

Zola, seorang teknisi jaringan dan jurnalis warga terkenal yang berasal dari provinsi Hunan di Tiongkok, yang dinaturalisasi di Taiwan, mengatakan kepada VOA "Kontrol ID siber adalah kekuatan super karena Anda tidak hanya mengetahui nama asli netizen, tetapi juga hubungan antara netizen dan ID keamanan siber."

Li, seorang pembangkang yang berbasis di Shanghai yang tidak ingin mengungkapkan nama lengkapnya karena sensitivitas masalah tersebut, mengatakan kepada VOA bahwa tingkat pengawasan oleh polisi internet Tiongkok telah lama berada di luar imajinasi. Ia mengatakan usulan baru tersebut merupakan cara bagi pihak berwenang untuk memberi tahu warganet bahwa pengawasan akan lebih terbuka "hanya untuk mengintimidasi dan memperingatkan Anda agar berperilaku baik."

Beberapa warganet khawatir Tiongkok akan segera mengubah sistem ID siber dari program sukarela menjadi persyaratan akses daring.

Seorang pengguna Weibo dengan nama "Fang Zhifu" memperingatkan bahwa di masa mendatang, jika "ID siber dicabut, itu akan seperti dijatuhi hukuman mati di dunia siber."

Sementara itu, Kementerian Keamanan Publik dan Administrasi Ruang Siber Tiongkok mengatakan bahwa mereka meminta pendapat publik tentang rencana ID siber tersebut hingga 25 Agustus. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA