Dimensy.id
R17

Inggris-Indonesia Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang AI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 15 Mei 2024, 09:02 WIB
Inggris-Indonesia Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang AI
Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri Kantor Kabinet Inggris John Glen/Net
rmol news logo Indonesia dan Inggris berupaya menjalin kerja sama dalam dunia digital terutama kecerdasan buatan (AI).

Dalam upaya itu, Menteri Kantor Kabinet Inggris John Glen melakukan kunjungan ke Jakarta untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat senior pemerintah Indonesia mengenai penguatan kemitraan di bidang transformasi digital.

Kunjungan ini sekaligus sebagai bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Tahun ini, kami merayakan ulang tahun hubungan diplomatik kami yang ke-75. Kerja sama kami dengan Indonesia dalam bidang teknologi masa depan, termasuk transformasi digital pada sektor bisnis, kesehatan, dan pendidikan, telah semakin kuat,” kata Glen dalam sebuah pernyataan, dikutip Rabu (15/4).

“Sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan ini, Indonesia tetap menjadi mitra yang semakin penting bagi Inggris dalam mengatasi perubahan iklim, melawan disinformasi, dan tantangan global yang lebih luas,” tambahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyambut baik kunjungan John Glen.

"Saya sangat berharap pertemuan ini akan memfasilitasi pertukaran pandangan yang bermanfaat, mendorong pemahaman yang lebih besar dan membuka jalan bagi potensi kolaborasi antarnegara," ujar Menkominfo di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Teknologi digital menjadi salah satu aspek fundamental yang memungkinkan pertumbuhan lintas sektor pembangunan. Mengutip data Bank Dunia Tahun 2022, kontribusi sektor digital sebesar 15 persen dari Produk Domestik Bruto global.

"Tumbuh 2,5 kali lebih cepat selama 10 tahun terakhir dibandingkan PDB dunia fisik," ujarnya.

Sementara, tingkat pertumbuhan di Indonesia pada Tahun 2045 diproyeksikan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional hingga mencapai 6,2 persen per tahun.

"Diharapkan juga transformasi digital dapat berkontribusi terhadap 20,7 persen PDB Indonesia," ungkap Menkominfo.

Pemanfaatan teknologi baru seperti kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI) juga memberikan terobosan dan transformasi di berbagai sektor.

Menkominfo memaparkan bahwa AI telah menjadi isu global. Hanya 37 negara di dunia yang telah mengeluarkan peraturan terkait AI yang sedang berkembang.

Pemerintah Indonesia responsif menyikapi perkembangan teknologi AI dengan menerbitkan Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 9 Tahun 2023 tentang Pedoman Etika AI.

"Sebagai negara berkembang, Indonesia juga secara aktif terlibat dalam banyak forum internasional yang membahas teknologi tersebut, termasuk AI Safety Summit yang diselenggarakan oleh Inggris di Bletchley pada tahun 2023," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA