Dimensy.id
R17

Tertinggal dari TSMC dan Samsung, Intel Siap Produksi Chip 1,4 Nanometer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 23 Februari 2024, 12:03 WIB
Tertinggal dari TSMC dan Samsung, Intel Siap Produksi Chip 1,4 Nanometer
CEO Intel Patrick Gelsinger berbicara di acara Intel Foundry Services Direct Connect pada 21 Februari 2024 di Jose, CA/Net
rmol news logo Mengejar ketertinggalannya dari pembuat chip dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), Intel menyatakan siap untuk segera memproduksi chip mutakhir berukuran 1,4 nanometer di tahun-tahun mendatang.

Rencana tersebut disampaikan CEO Intel Pat Gelsinger di acara Intel Foundry Direct Connect, yang diselenggarakan Rabu (21/2).

“Hari ini kami mengumumkan Intel 14A untuk pertama kalinya,” kata  Gelsinger, seperti dikutip dari Nikkei, Jumat (23/2).

“Anda bisa memikirkan hal ini untuk teknologi 1,4 nanometer," lanjutnya.

Intel juga berjanji, setidaknya pada 2030 mendatang, akan melampaui Samsung Electronics, perusahaan nomor dua di industri ini, melalui penciptaan layanan yang memungkinkan pengemasan tingkat lanjut dan pengujian chip semikonduktor secara terpisah dari perakitan.
 
Intel tertinggal dari TSMC dan Samsung Electronics dalam hal berapa banyak transistor yang dapat dimasukkan ke dalam satu chip.

Ini diukur dalam nanometer – angka yang lebih kecil, secara umum, menunjukkan chip yang lebih canggih.

TSMC dan Samsung kini memproduksi chip 3nm, sementara Intel memproduksi chip 5nm.  Ketiganya berlomba untuk memproduksi chip 2 nm pada tahun 2025.

Samsung menargetkan produksi massal chip berukuran 1,4 nm pada tahun 2027. Sementara beberapa laporan menyebutkan TSMC menargetkan produksi massal pada tahun 2027 hingga 2028.

TSMC memimpin industri pengecoran dengan pangsa pasar hampir 60 persen, menurut firma riset pasar teknologi Counterpoint.  Samsung menempati peringkat kedua dengan pangsa sekitar 13 persen, disusul UMC Taiwan sebesar 6 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA