Dimensy.id
R17

AS Uji Coba Alat Pengisi Daya Nirkabel Mobil Listrik, Bisa Ngecas Sambil Mengendara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Desember 2023, 13:29 WIB
AS Uji Coba Alat Pengisi Daya Nirkabel Mobil Listrik, Bisa Ngecas Sambil Mengendara
Unit manajemen, sedang mentransfer daya dari jaringan listrik ke segmen koil pengisian nirkabel di jalan raya, ditampilkan saat sebuah van listrik melaju di jalan di Detroit, Rabu, 29 November 2023. Demonstrasi kendaraan listrik pertama jalan pengisian daya di AS berlangsung di jalan Motor City sepanjang seperempat mil/Net
rmol news logo Pihak berwenang di Amerika Serikat (AS) sedang menguji coba alat pengisian daya nirkabel untuk kendaraan listrik pertama di AS yang ditempatkan di bawah jalan sebelah barat pusat kota Detroit.

Departemen Transportasi Michigan mengatakan, Segmen 14th Street sepanjang seperempat mil akan digunakan untuk menguji dan menyempurnakan teknologi sebelum tersedia untuk umum dalam beberapa tahun ke depan.

Teknologi tersebut milik Electreon, pengembang solusi pengisian daya nirkabel untuk kendaraan listrik yang berbasis di Israel. Perusahaan tersebut memiliki kontrak untuk jalan raya serupa di Israel, Swedia, Italia dan Jerman.

Inisiatif percontohan di Michigan diumumkan pada tahun 2021 oleh Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

“Bersama dengan keahlian otomotif Michigan, kami akan menunjukkan bagaimana pengisian daya nirkabel membuka peluang adopsi kendaraan listrik secara luas, mengatasi keterbatasan jangkauan, keterbatasan jaringan listrik, serta ukuran dan biaya baterai,” kata Stefan Tongur, wakil presiden pengembangan bisnis Electreon," seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (2/12).

“Proyek ini membuka jalan bagi masa depan mobilitas tanpa emisi, di mana kendaraan listrik adalah hal yang lumrah, bukan pengecualian," katanya.

Kumparan pengisi daya induktif tembaga memungkinkan kendaraan yang dilengkapi penerima untuk mengisi daya baterainya saat mengemudi, diam, atau parkir di atas kumparan tersebut.

Ketika kendaraan dengan penerima mendekati segmen pengisian daya, kumparan di bawah jalan mentransfer listrik melalui medan magnet, mengisi baterai kendaraan. Kumparan hanya aktif ketika kendaraan dengan penerima melewatinya.

Tongur mengatakan kepada wartawan bahwa jalan tersebut aman bagi pejalan kaki, pengendara mobil, dan hewan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA