Dimensy.id
R17

Google Maps dan Apple Maps Non-Aktifkan Fitur Real-Time di Israel dan Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Oktober 2023, 16:47 WIB
Google Maps dan Apple Maps Non-Aktifkan Fitur <i>Real-Time</i> di Israel dan Gaza
Peta Gaza/Google Earth
rmol news logo Dua raksasa teknologi global, Google dan Apple, telah menonaktifkan fitur real-time dalam aplikasi pemetaan mereka untuk wilayah Israel dan Jalur Gaza.

Bloomberg pada Senin (23/10) mengatakan fitur real-time dinon-aktifkan atas permintaan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) lantaran bisa mengungkap pergerakan mereka dalam melawan Hamas. Informasi mengenai kerumunan orang juga dihapuskan.

Langkah ini mempengaruhi Google Maps milik Google, serta Waze dan Apple Maps milik Apple.

Meski begitu, jurubicara Google Maps, Caroline Bourdeau mengatakan aplikasinya masih dapat digunakan untuk mencari rute berdasarkan sistem navigasi dan kondisi lalu lintas terkini.

"Seperti yang telah kami lakukan sebelumnya dalam situasi konflik dan sebagai respons terhadap situasi yang berkembang di wilayah tersebut, kami waktu menonaktifkan kemampuan untuk melihat kondisi lalu lintas real-time dan informasi kerumunan untuk sementara waktu karena mempertimbangkan keselamatan komunitas lokal," jelasnya.
 
Langkah Google dan Apple ini muncul di tengah rencana Israel untuk meluncurkan invasi darat ke Jalur Gaza yang disebut akan segera terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA