Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA EROPA 2024

Nyaris Dipermalukan Slovakia, Inggris Susah Payah ke Perempat Final

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 01 Juli 2024, 01:53 WIB
Nyaris Dipermalukan Slovakia, Inggris Susah Payah ke Perempat Final
Para pemain Inggris merayakan gol yang dicetak Harry Kane yang mengantarkan mereka lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2024/Net
rmol news logo Lebih banyak menguasai bola bukan jaminan untuk bisa mudah memenangkan pertandingan. Itulah yang dialami Inggris saat menghadapi Slovakia di babak 16 Besar Piala Eropa 2024, Senin dinihari WIB (1/7).

Statistik babak pertama menunjukkan The Three Lions mampu menguasai 77 persen bola. Pun mengkreasikan sejumlah peluang. Namun  gol seolah sulit terjadi.

Sebaliknya, meski banyak mendapat tekanan nyaris sepanjang laga, Slovakia justru mampu mencetak gol lebih dulu dari sedikit peluang yang mereka dapatkan.

Tanda-tanda bahwa serangan Slovakia berpotensi menjadi gol sudah terlihat saat mereka melakukan serangan balik pada menit ke-12. Setelah merebut bola di lapangan tengah, umpan Ondrej Duda kepada Luka Haraslin diteruskan dengan tusukan dari sisi kiri kotak penalti.

Namun, peluang ini memang belum berujung gol.

Serangan balik memang menjadi andalan Slovakia di laga ini. Dan pada menit ke-25, strategi ini berhasil membuat suporter Inggris di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, terdiam.

Berawal dari umpan panjang di tengah lapangan,bola sundulan Juraj Kucka berhasil dikuasai David Strelec. Dengan cepat Strelec melanjutkan bola kepada Ivan Schranz yang tak terkawal untuk menyelesaikannya dengan sebuah sepakan mendatar yang mengarah ke sudut bawah gawang Inggris.

Inggris pun makin menggeber tekanan mereka ke gawang Slovakia. Penguasaan bola tim asuhan Gareth Southgate itu pun makin menggebu di babak kedua.

Salah satu serangan Inggris pun sempat menggetarkan jala gawang Slovakia. Namun, setelah dicek ulang, Phil Foden dinyatakan sudah berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Kondisi 0-1 bagi Inggris ini terus bertahan hingga waktu normal terlewati. Bahkan saat memasuki menit-menit akhir tambahan waktu, situasi tak kunjung berubah.

Namun rupanya Dewi Fortuna masih teramat sayang kepada Inggris. Tepat di menit akhir tambahan waktu, pemain muda Inggris Jude Bellingham tampil sebagai pahlawan. Tendangan salto pemain Real Madrid itu sukses memperdayai Dubravka, sekaligus memaksa pertandingan lanjut ke babak perpanjangan waktu.

Dan, baru 1 menit babak ini berlangsung, Inggris berbalik memimpin pertandingan. Tendangan Eze dari luar kotak penalti sebenarnya melenceng dari target. Namun, Toney masih mampu mengarahkan bola melalui sundulan ke depan gawang Slovakia.

Di sinilah kecepatan dan ketepatan sang kapten Harry Kane dalam menyambut bola berbuah manis. Sundulan Kane sukses membuat jala gawang Dubravka kembali bergetar. Kane pun sukses mencatatkan gol ke-65 bagi Inggris.

Tak banyak peluang yang terjadi di sisa waktu pertandingan. Inggris pun cenderung berusaha mempertahankan keunggulan mereka untuk mengunci tiket ke babak perempat final Piala Eropa 2024.

Inggris 2-1 Slovakia
(Bellingham 90'+5, Kane 91' - Schranz 25'). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA