Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menikah Siri Sesama Penyelenggara Pemilu, DKPP Pecat Ketua KPU Labusel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 19 Agustus 2024, 21:48 WIB
Menikah Siri Sesama Penyelenggara Pemilu, DKPP Pecat Ketua KPU Labusel
DKPP/Net
rmol news logo Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan dengan tetap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan, Saipul Bahri Dalimunthe.
HUT 79 RI

Keputusan ini dibacakan oleh Ketua DKPP RI Heddy Lugito di ruang sidang DKPP RI, Jakarta, Senin (19/8).

Pada putusan dengan Nomor Perkara 77-PKE-DKPP/V/2024 DKPP menyatakan Syaiful terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan prilaku pedoman penyelenggara pemilu.

“Mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap teradu Saipul Bahri Dalimunthe selaku Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhitung sejak putusan ini dibacakan,” kata Heddy Lugito.

Saipul Bahri Dalimunthe menjalani sidang DKPP karena diadukan terkait dugaan telah melakukan pernikahan siri dan melakukan pernikahan dengan sesama penyelenggara Pemilu selama masa jabatan. Hal ini merupakan perbuatan yang dilarang atau bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang – undangan dan norma yang berlaku di masyarakat serta diduga telah melanggar Pasal 90 ayat (4) huruf b,c dan d PKPU Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.rmol news logo article


EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA