Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terobosan Propam Polri Layanan Berbasis Industri 4.0 Mendapat Apresiasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 10 Juli 2023, 02:45 WIB
Terobosan Propam Polri Layanan Berbasis Industri 4.0 Mendapat Apresiasi
Salah satu anggota Propam Polri saat bantu masyarakat memasangkan helm/Ist
rmol news logo Berbagai elemen masyarakat mengapresiasi transformasi Propam Polri era industri 4.0. Imbasnya, pelayanan makin cepat, mudah, transparan, akuntabel, inovatif, khususnya melayani aduan perilaku anggota Polri dengan memanfaatkan teknologi.

Divpropam Polri menjawab tantangan dengan melakukan transformasi baik dari aspek budaya, organisasi hingga pelayanan publik.

Dalam memberikan pelayanan publik, Divpropam Polri melakukan terobosan dengan memanfaatkan layanan WA Yanduan (pelayanan aduan) di nomor 0812-1010-6700 yang bertujuan agar komunikasi antara masyarakat dan petugas Yanduan dapat dilakukan secara interaktif dan tidak ada sekat antara petugas dan warga.

Selain itu WA Yanduan didukung oleh Propam Integrated System (PIS), sebagai sistem kontroling dan monitoring serta Big Data kontroling pimpinan. Tidak hanya pimpinan Polri saja yang dapat memantau, tetapi  untuk warga yang membuat pengaduan.

Beberapa terobosan tersebut untuk menjawab tantangan era keterbukaan informasi. Keterbukaan ini penting untuk mengetahui secara utuh pendapat publik terhadap Polri. Dengan adanya aplikasi ini akan membuat Polri berbenah diri.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengaku bangga dengan kinerja Divisi Propam Polri. Sebab, bukan hanya bertugas menjaga Kamtibmas, tetapi anggota Polri juga memiliki kepedulian kepada masyarakat hingga ke pelosok negeri.

"Inilah sosok polisi Presisi sesungguhnya. Saya dan masyarakat sangat bangga. Salut," kata Bamsoet melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu malam (9/7).
Selain itu, anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poenky Indarti berterima kasih kepada jajaran Polri yang selama ini hadir untuk masyarakat. Dirinya bangga banyak muncul sosok polisi inspiratif khususnya anggota Propam yang mengabdi tulus kepada negeri.

Selain itu, digelarnya Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023 kata Poenky menjadi wujud nyata pelayanan Polri yang transparan, objektif dan menunjukan keaktifan, kecepatan dan komunikatifnya Polri kepada masyarakat.

"Ini bukti nyata manajemen dan pelayanan Polri kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu kata Poenky dari survei Litbang Kompas telah menunjukkan bahwa penanganan pengaduan masyarakat melalui Divisi Propam Polri saat ini mendapatkan respon positif.

"Saya juga apresiasi kepada Divisi Propam dalam penyelesaian perkara sampai dengan sidang KKEP dan Disiplin. Semoga menjadi Polri yang Presisi," ucap Poenky.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA