Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Flu Babi, 2 Ribu Ekor Babi Mati di Medan dan Deli Serdang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 01 Desember 2022, 02:22 WIB
Diduga Flu Babi, 2 Ribu Ekor Babi Mati di Medan dan Deli Serdang
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kasus kematian massal ternak babi kembali terjadi di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Sejak September 2024 lalu, pihak Peternak Babi Indonesia (PBI) mengkonfirmasi sekitar 2 ribu ekor ternak mereka mati diduga akibat terpapar flu babi.

"Total babi yang mati lebih kurang 2 ribu ekor. Gejalanya flu babi. Untuk kerugian  kalau saya kalikan dengan harga itu kisaran Rp 8 miliar," kata Ketua PBI Heri Ginting kepada wartawan, dikutip dari Kantor Berita RMOLSumut, Rabu (30/11).

Untuk mencegah kerugian lanjutan, PBI meminta agar pemerintah memberikan solusi bagi mereka dengan penyediaan vaksin. Ia juga berharap adanya bantuan dari pemerintah dalam rangka pembersihan ternak yang terpapar.

"Pemda/pemprovsu membuat satu kebijakan, membeli babi-babi yang terpapar virus yang ada dimasyarakat ataupun peternak, dibeli sama pemerintah dan dimusnahkan, supaya jangan mutar-mutar itu penyakit," ungkapnya.

Menurut Heri, kondisi ini membuat pasokan daging babi di pasaran menjadi sangat berkurang. Padahal, momen Natal dan Tahun Baru biasanya mendorong tingginya permintaan daging.

Sejauh ini kata Heri, Dinas Peternakan Provinsi Sumut dan Balai Venteriner Medan juga sudah turun kelokasi perternakan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA