Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hindari Keracunan, Polisi Test Food dan Security Food Makanan Para Pengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 29 November 2022, 03:53 WIB
Hindari Keracunan, Polisi Test Food dan Security Food Makanan Para Pengungsi
Test food dan security food makanan pengungsi dilakukan oleh Polda Jawa Barat/Ist
rmol news logo Polda Jawa Barat pastikan kemanan makanan di dapur umum sebelum dikonsumsi para pengungsi sudah melalui test food dan security food.

Hal itu disampaikan langsung Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo usai meninjau lokasi dapur umum korban bencana alam gempa bumi Cianjur, Senin (28/11).

"Jadi ini upaya yang kita lakukan untuk jaga keamanan dari menu yang disajikan dapur umum buat para pengungsi, kita jaga kerawanan-kerawanannya agar tidak ada racun yang bisa sebabkan sakit bagi para pengungsi, kita cek kandungannya," kata Ibrahim  Tompo.

Menurutnya, kegiatan itu dilakukan setiap hari oleh ahlinya. Dan rutin dilakukan sebelum makanan didistribusikan kepada para pengungsi korban gempa bumi.

"Kita lakukan setiap hari, setiap memasak akan dilakukan security food dengan lakukan pengecekan yang ada dalam kandungan makannya," ucapnya.

Test food dan security food ini dilakukan agar makanan yang dikonsumsi para pengungsi dipastikan aman juga menghindari keracunan makanan.

"Dengan harapan apa yang dikonsumsi pengungsi aman dan tidak menimbulkan efek penyakit," ujarnya.

Menurutnya, security food ini dilakukan 30 menit sebelum makanan didistribusikan kepada para pengungsi.

"Proses kimia (salah satu security food), dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan dan dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit sesuai progres masakkan dan nanti pada saat disajikan tepat waktu," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI