Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

100 Polwan Polda Sumsel Dilatih untuk Tangani Korban Bencana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 26 November 2022, 05:29 WIB
100 Polwan Polda Sumsel Dilatih untuk Tangani Korban Bencana
Ratusan Polwan Polda Sumsel dan jajaran diberikan pelatihan untuk mengatasi trauma healing/Ist.
rmol news logo Sebanyak 100 polisi wanita (Polwan) Polda Sumsel dan jajaran diberikan pelatihan pertolongan pertama para korban bencana atau pscyhological first Aid (PFA).

Karo SDM Polda Sumsel Kombes Ucu Kuspriyadi mengatakan, pelatihan PFA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Polwan dalam memberikan bantuan pertama kepada masyarakat yang terdampak permasalahan sosial maupun terjadi bencana alam.

"Jika terjadi permasalahan sosial atau terjadi bencana alam maka Polwan yang sudah kita latih PFA kan kita terjunkan untuk memulihkan trauma healing," kata Kombes Ucu Kuspriyadi dikutip dari Kantor Berita RMOLSumsel, Jumat (25/11).

Dikatakan Ucu, Polwan yang akan diterjunkan ini nantinya sebagai tenaga konselor untuk memberikan konseling trauma healing kepada masyarakat yang trauma akibat bencana alam maupun permasalahan sosial lainnya.

"Materi pelatihan yang akan diberikan dalam pelatihan PFA berupa teori cara menangani korban trauma akibat bencana serta praktek langsung cara menangani korban kena bencana," beber dia.

Sementara, Psikolog BPBD Sumsel, Erna Susilawati mengatakan, PFA sebagai upaya agar reaksi stres yang muncul ketika menghadapi situasi krisis tidak naik ketahap depresi.

"Karena kalau sudah naik ketahap depresi bisa mengganggu gangguan jiwa disini peran pendampingan maupun konseling trauma healing untuk memulihkan keadaan trauma yang mereka alami akibat bencana ataupun bencana sosial," tandas dia. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA