Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Mata Kapolri, Azyumardi Azra Sosok yang Selalu Sebarkan Moderasi Beragama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 19 September 2022, 13:57 WIB
Di Mata Kapolri, Azyumardi Azra Sosok yang Selalu Sebarkan Moderasi Beragama
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewakili keluarga besar institusi Polri menyampaikan rasa belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra di Negara Malaysia.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Saya mewakili keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Bapak Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, MA," kata Sigit dalam akun media sosial Instagram resminya @ListyoSigitPrabowo, dilihat Senin (19/9).  

Sigit menyatakan, Prof Azyumardi Azra dikenal sebagai sosok yang selalu menggelorakan pentingnya melakukan moderasi beragama dalam setiap pemikiran maupun karyanya.

Bahkan semasa hidupnya, kata mantan Kabareskrim Polri ini, Azyumardi Azra yang juga dikenal sebagai cendekiawan muslim tersebut, dikenal sebagai seseorang yang sederhana atau bersahaja.

"Almarhum adalah seorang akademisi dan cendekiawan muslim yang selalu menampilkan sifat sederhana serta selalu menyebarkan moderasi beragama dalam setiap karyanya," ujar Sigit.

Oleh karena itu, Sigit berharap, semua karya dan pemikiran yang ditinggalkan oleh Azyumardi Azra dapat diteruskan dan diperjuangkan oleh seluruh generasi penerus bangsa dewasa ini.

"Mari kita semua mendoakan semoga Almarhum husnul khotimah, diterima segala amal ibadahnya serta mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Kepada keluarga yang ditinggalkan kami turut mendoakan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kekuatan dan ketabahan," ucap Sigit.

Dalam ucapan belasungkawa ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga ikut mengunggah foto ketika momen dirinya menerima audiensi Azyumardi Azra bersama dengan jajaran pengurus Dewan Pers. Postingan tersebut turut disertai dengan kalimat duka cita.

Untuk diketahui, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia saat hendak melakukan rangka kunjungan kerja. Ia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu, 18 September 2022, siang waktu setempat.

Rencananya, jenazah Azyumardi Azra sendiri akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin 19 September 2022. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA