Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mikhail Gorbachev, Presiden Pertama dan Terakhir Uni Soviet Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Agustus 2022, 06:17 WIB
Mikhail Gorbachev, Presiden Pertama dan Terakhir Uni Soviet Meninggal Dunia
Mikhail Gorbachev/Net
rmol news logo Kabar duka menyelimuti Federasi Rusia. Mikhail Gorbachev, presiden pertama dan terakhir Uni Soviet meninggal dunia pada usia 91 tahun, di Moskow.

Kematiannya dilaporkan oleh Rumah Sakit Klinis Pusat dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam (30/8) waktu setempat.

"Mikhail Sergeyevich Gorbachev meninggal malam ini setelah penyakit yang serius dan berkepanjangan," kata pertanyaan tersebut.

Menurut kantor berita TASS, Gorbachev dirawat di rumah sakit pada awal pandemi Covid-19, atas permintaan dokternya, dan sejak itu berada di bawah pengawasan medis.

Gorbachev lahir dan besar dari keluarga petani di Rusia selatan pada 1931. Di mana pada saat remaja ia telah mengoperasikan mesin pemanen gabungan di pertanian kolektif.

Karir partainya dimulai pada awal tahun-tahun mahasiswanya, ketika ia belajar hukum di Universitas Negeri Lomonosov Moskow.

Perjalanan karirnya relatif cepat. Pada 1985 ia menjadi sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet, menjadikannya pejabat berpangkat tertinggi (pemimppin) di Uni Soviet.

Setelah terpilih menjadi pemimpin, Gorbachev segera mengenalkan program reformasi bagi masyarakat Uni Soviet yang dikenal sebagai Glasnost dan Perestroika,  yang artinya 'keterbukaan'.

Melalui Glasnost ini, Gorbachev ingin meningkatkan diskusi publik tentang isu-isu negara dan memberikan akses informasi kepada publik. Glasnost ini diumumkan secara resmi pada pertengahan 1986.

Sedangkan Perestroika berarti  'restrukturisasi',  ini diperkenalkan pada tahun 1987.

Tujuan dari Perestroika adalah untuk memperbaiki ekonomi Uni Soviet melalui desentralisasi, yang menyebabkan melemahnya kekuatan pemerintah pusat Uni Soviet.

Pada 15 Maret 1990, Kongres Deputi Rakyat memilih Gorbachev sebagai presiden pertama Uni Soviet.

Dengan kekuatan politik Gorbachev yang melemah dan ketidakpercayaan masyarakat, Uni Soviet mendekati masa akhirnya. Pada 25 Desember 1991, Gorbachev mengundurkan diri sebagai Kepala Negara. Keesokan harinya, Uni Soviet secara resmi telah runtuh. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA