Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surya Paloh jadi Penentu Pilpres 2024 jika Buat Poros Baru Bersama Nasdem dan PKS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 29 Mei 2022, 21:22 WIB
Surya Paloh jadi Penentu Pilpres 2024 jika Buat Poros Baru Bersama Nasdem dan PKS
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tidak bisa dianggap remeh oleh pihak manapun lantaran menjadi penentu arah peta politik untuk pertarungan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang akan datang.

Pasalnya, Surya Paloh merupakan tokoh yang pertimbangannya selalu sesuai dengan perkembangan politik ke depan. Selain itu, setiap pilihan yang disodorkan oleh Surya Paloh juga berpengaruh terhadap peta politik partai selain Nasdem.

Pengamat politik Ujang Komarudin berpendapat, Surya Paloh bukanlah tokoh kaleng-kaleng dalam menentukan calon presiden yang bakal maju dalam pertarungan Pilpres 2024 mendatang. Apalagi, dalam dua periode ini Surya Paloh selalu pas dalam perjodohan politik Pemilu.

"Bisa jadi penentu jika KIB dukung Ganjar. Dan Nasdem gabung ke sana dan bawa Anies sebagai Cawapres-nya.  Hari ini beritanya sudah muncul, dari SP tentang Ganjar-Anies,” ucap Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (29/5).

"Jika SP (Surya Paloh) gabung KIB, SP tak akan jadi penentu,” imbuhnya.

Dia menambahkan, jika Surya Paloh membuat poros baru, maka partai politik yang menjadi pesaingnya akan kalah kekuatan politiknya. Sebab, Surya Paloh akan memilih jagoan yang sudah didukung oleh para kadernya.

"Katakanlah poros ke tiga, dengan mendekati PKS dan Demokrat. Lalu mengusung Anies-AHY, baru menarik dan bisa menjadi penentu,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA