Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menyusul Kecelakaan Putra Ridwan Kamil, Dewan Pers: Kedepankan Jurnalisme Empati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 29 Mei 2022, 20:57 WIB
Menyusul Kecelakaan Putra Ridwan Kamil, Dewan Pers: Kedepankan Jurnalisme Empati
Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra/RMOL
rmol news logo Seluruh insan pers dan jajaran news room media massa diimbau untuk tetap bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik.

Imbauan tersebut disampaikan Dewan Pers berkenaan ramainya pemberitaan mengenai kecelakaan yang dialami putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, di Sungai Aaree, Swiss beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra menekankan dalam kerjanya, pers bertugas mencari informasi, melakukan pemberitaan dengan baik dan benar sesuai dengan kode etik jurnalistik.

"Selain itu juga, media dari berbagai platform seyogianya tidak membuat berita berkaitan dengan prediksi atau ramalan terkait sebuah peristiwa tragedi kemanusiaan," tekannya.

Selain itu, lembaga pers juga diimbau lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusiaan.

Kata Azra, lembaga pers juga harus bekerja sesuai kode etik dan tidak melakukan glorifikasi yang akan membuat setiap keluarga korban tragedi kemanusiaan tertekan dan merasa bersalah.

"Dewan Pers juga mengajak kepada seluruh jajaran redaksi di seluruh platform media, untuk bersama-sama mengedepankan jurnalisme empati dan tetap berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA