Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal KKB Papua, Kadensus 88: Bukan Soal Terornya, Tapi yang Penting Selesaikan Keinginan Mereka untuk Merdeka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 21 Maret 2022, 21:21 WIB
Soal KKB Papua, Kadensus 88: Bukan Soal Terornya, Tapi yang Penting Selesaikan Keinginan Mereka untuk Merdeka
Kadensus 88 Antiteror Irjen Martinus Hukom/Net
rmol news logo Kepala Detesemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror Irjen Marthinus Hukom angkat bicara terkait peran Densus 88 dalam aksi terorisme dan radikalisme yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang kerap menelan korban jiwa dari aparat keamanan.

Menurutnya, masalah yang terjadi di Papua tidak bisa ditangani sembarangan. Pasalnya, kompleksitas masalah di sana perlu banyak tangan, tidak hanya sekadar diselesaikan satu pihak saja.

“Masalah Papua, mungkin dalam hal ini kita harus melihat dari sisi yang lebih luas lagi. Tidak sekedar yang harus diselesaikan, semua harus diselesaikan oleh kita bersama-sama loh bukan hanya Polisi ini semua elemen harus melihat ini menyelesaikannya,” tegas Martinus Hukom usai rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (21/3).

Dia menambahkan bahwa, ada kepentingan yang harus diselesaikan oleh banyak pihak. Dan menjaga Papua, kata dia, tidak boleh dilakukan hanya  sebagian orang atau instansi tertentu, namun dari seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

“Yang terpenting adalah bagaimana menjaga Papua itu tidak boleh lepas dari Indonesia, kita punya model-model penanganan orang-orang yang punya keinginan untuk separatis contohnya Aceh,” ujarnya.

“Jadi bukan masalah penyelesaian terornya tapi yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan mereka tidak punya keinginan untuk merdeka itu lebih penting,” imbuhnya menekankan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA