Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Polda Banten Musnahkan Bahan Peledak yang Ditemukan di Pandeglang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 11 Januari 2022, 23:58 WIB
Polda Banten Musnahkan Bahan Peledak yang Ditemukan di Pandeglang
Tim Jibom Den Gegana Polda Banten sedang melakukan disposal/RMOLBanten
rmol news logo Tim penjinak bom (Jibom) Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan Disposal atau pemusnahan pada Selasa (11/01). Tim memusnahkan bahan peledak itu setelah menemukannya di Tempat kejadian perkara (TKP) ledakan yang terjadi di Cisaat, Desa Tangkilsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi, usai melakukan sterilisasi dan post blast investigation di TKP ledakan, tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten menemukan bahan peledak Flash Powder.

Jenis Bahan Peledak (Handak) yang ditemukan adalah Flash Powder yang termasuk low explosive.

Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho membenarkan disposal bahan peledak yang ditemukan di Cimanggu dilakukan hari ini.

"Ya benar, setelah kemarin kami menemukan barang bukti bahan peledak di lokasi ledakan, hari ini tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan disposal," kata Dwi seperti diberitakan Kantor Berita RMOLBanten.

Dwi menjelaskan, Disposal tersebut dilakukan sesuai dengan protap yang ada.

"Kegiatan Disposal ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan fungsi kegiatan preemtif Kepolisian, khususnya Brimob," ujarnya.

Kanit Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten AKP Edison menjelaskan disposal mortir aktif ini dilakukan di areal kosong dengan cara ditanamkan ke dalam tanah.

"Pendisposalan dilakukan dengan meletakkan bahan peledak di dalam lubang yang telah disiapkan dan dipasangkan dengan detonator yang disambungkan dengan kabel lalu diledakkan dengan alat pemicu. Lokasi Disposal juga steril dari masyarakat umum," pungkasnya.rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA