Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Usut Mafia Tanah Nirina Zubir, Polisi Fokuskan Dugaan Pencucian Uang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 07 Desember 2021, 05:26 WIB
Usut Mafia Tanah Nirina Zubir, Polisi Fokuskan Dugaan Pencucian Uang
Polda Metro Jaya saat mengumumkan tersangka kasus mafia tanah yang menimpa keluarga Nirina Zubir/Net
rmol news logo Penyidik Polda Metro Jaya memfokuskan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus mafia tanah yang menimpa keluarga Nirina Zubir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menyampaikan, penyidik ingin menelusuri ke mana uang sekitar Rp 17 miliar yang disebut menjadi kerugian keluarga Nirina.

"Penyidik fokus terkait aliran uang digunakan senilai Rp 17 miliar akan ditelusuri dan penyidik bergerak ke arah situ," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Senin (6/12).

Zulpan memastikan bahwa penggelapan surat tanah yang disangkakan kepada para tersangka sudah terpenuhi unsur-unsurnya. Atas dasar itu penyidik mengalihkan fokus penyidikannya.

"Kalau 263 sampai 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) sudah penuhi unsur. Sekarang kami telusuri TPPU-nya," tutur Zulpan.

Dalam kasus ini, Riri Khasmita dan suaminya Endrianto diduga bersekongkol dengan para tersangka lain menggelapkan enam surat tanah milik keluarga Nirina. Keenam bidang tanah itu dibalik nama menjadi milik Riri dan Endrianto. Nirina mengatakan keluarganya rugi sekitar Rp 17 miliar akibat kasus mafia tanah itu.rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA