Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Permudah Kontrol Pajak Kendaraan Bermotor, Korlantas Luncurkan Digitalisasi Road Tax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 18 Oktober 2021, 18:41 WIB
Permudah Kontrol Pajak Kendaraan Bermotor, Korlantas Luncurkan Digitalisasi <i>Road Tax</i>
Korlantas Polri, Kemendagri dan jasa Raharja saat meluncurkan program digitalisasi road tax/RMOL
rmol news logo Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Jasa Raharja meluncurkan program digitalisasi road tax melalui stiker berpengaman hologram sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan, program itu merupakan bentuk dukungan pada inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam rangka peningkatan pajak daerah.

Program ini, sambungnya, juga bertujuan mendukung gerakan tertib bayar pajak yang di gaungkan pemerintah, serta mendorong transformasi digital dalam pelayanan publik, khususnya perpajakan kendaraan bermotor.

"Saya mendukung sepenuhnya inovasi-inovasi yang dilakukan Kemendagri dalam rangka peningkatan pajak daerah, ini adalah fungsi kontrol kita dan mekanisme yang lebih efektif untuk penandaan-penandaan protek ini untuk kendaraan," ungkap Istiono di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (18/10).

Jenderal bintang dua ini menambahkan, adanya Digitalisasi Road Tax bisa memudahkan kontrol petugas di lapangan. Sehingga, mempermudah identifikasi kendaraan yang sudah atau belum membayar pajak.

"Dengan demikian kita di lapangan juga mudah untuk melihat, bahwa ini sudah bayar kendaraannya sudah bayar pajak atau belum," katanya.

Ditambahkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian, ke depan pihaknya bersama Korlantas Polri dan Jasa Raharja akan terus mengembangkan dan mendorong inovasi-inovasi guna mendukung meningkatkan masyarakat dalam membayar pajak dan menyatukan data semua instansi terkait.

"Maka ke depan juga kami bersama Korlantas Polri dan Jasa Raharja akan terus mendorong inovasi-inovasi, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak serta menyatukan data," ujar Ardian.

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi (MRTI) Jasa Raharja Amos Sampetoding menuturkan, program Digital Road Tax diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan asli daerah dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

"Sekali lagi kami sangat mendukung Digitalisasi Road Tax yang sudah dicanangkan Pak Dirjen, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan asli daerah dan pelunasan SWDKLLJ," demikian Amos.

Digitalisasi Road Tax merupakan program alih media dari pelayanan manual dan dalam bentuk cetakan, kertas tanda bukti kewajiaban pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ, menjadi dalam bentuk format digital stiker berpengaman hologram dengan QR Code.

Serta terekam dalam server komputer milik SAMSAT yang dapat diakses secara online oleh petugas maupun peserta wajib pajak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA