Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Likupang, Menaker Ida Buka Program Pemagangan di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 September 2021, 19:28 WIB
Di Likupang, Menaker Ida Buka Program Pemagangan di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah/Ist
rmol news logo Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualifikasi keterampilan sumber daya manusia (SDM) melalui dorongan program pemagangan.

Melalui program tersebut, diharapkan akan menciptakan SDM terampil yang dapat menyelesaikan tantangan di era digitalisasi dan dampak pandemi Covid-19.

Bertempat di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat (24/9), Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, melakukan Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas.

Kick Off ini menandai dimulainya masifikasi penyiapan SDM terampil pada sektor pariwisata di 5 destinasi wisata super prioritas.

"Dalam program pemagangan, peserta mendapatkan pengalaman kerja di dunia kerja yang sesungguhnya, membentuk sikap mental, perilaku kerja, serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," terang Ida dalam sambutannya.

Ia menuturkan, program pemagangan juga merupakan upaya pemerintah dalam menyongsong bonus demografi. Namun ia menekankan, program pemagangan adalah bagian dari pelatihan, dan bukan untuk mendapat tenaga kerja yang murah.

"Tapi justru untuk mendapatkan tenaga kerja kompeten sesuai dengan kebutuhan industri, dalam hal ini adalah industri wisata," tegasnya.

Kegiatan Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wiasata Super Prioritas sendiri dilaksanakan secara hybrid secara serentak di Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Dalam kegiatan tatap muka, protokol kesehatan diberlakukan secara ketat.

Untuk memfasilitasi program ini, Kemnaker menjalin kerja sama dengan 46 perusahaan bidang pariwisata yang berada di sekitar 5 destinasi wisata super prioritas.

"Mudah-mudahan dengan adanya program pemagangan ini kita bisa meningkatkan kompetensi para pekerja sektor pariwisata untuk mendukung 5 destinasi wisata super prioritas," harap Ida.

Adapun progam pemagangan akan diikuti oleh 470 peserta untuk 25 jenis jabatan, yaitu Food And Beverage Service Product; Food And Beverage Service Service; Front Office; Housekeeping; Engineering; Akunting; Food And Beverage Service Kitchen; Food And Beverage Service Restaurant; Pelayan Restoran; Back Office; Kru Diving; Admin Finance; Banquet Attendant; General Staff Officer; Information Technology; Koki; Laundry; Laundry Attendant; Public Area; Reception; Room Attendant; Room Boy; Service; Teknisi; dan Waitress. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA