Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Mau Pasti Mampu

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Senin, 20 September 2021, 20:04 WIB
Jika Mau Pasti Mampu
Jaya Suparana/Ist
AKIBAT perhatian terlalu tersedot oleh kemelut pagebluk Corona maka saya kerap lupa bahwa tiga tahun lagi yaitu 2024 bangsa Indonesia akan menyelenggarakan kerja besar yaitu pemilihan umum sekaligus pemilihan presiden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejak demokrasi dihadirkan oleh Orde Reformasi, saya sudah mendambakan pemilu di Indonesia dapat diselenggarakan secara on line.

Deputi kemenristek Dr Idwan Suhardi sepenuhnya mendukung dambaan saya dengan penegasan bahwa Kemenristek dan BPPT siap mengerahkan segenap ilmuwan dan teknolog terhebat Indonesia untuk secara teknis menjamin pemilu online akhirnya dapat terwujud diselenggarakan di persada Nusantara tercinta ini.

Para sahabat saya yang kebetulan ketua KPU juga mengharapkan Pemilu di Indonesia diselenggarakan secara online. Sebab lebih terjamin mengurangi kecurangan disamping lebih cepat serta lebih akurat ketimbang Pemilu konvensional dimana setiap warga harus datang nyoblos di bilik coblosan Pemilu.

Menolak


Adalah keniscayaan bahwa terhadap setiap gagasan ada yang pro namun ada pula yang kontra. Maka wajar bahwa ada pihak yang menolak pemilu online dengan anggapan justru akibat dikuatirkan akan mengurangi kemungkinan untuk melakukan kecurangan.

Terbukti setelah perpajakan menggunakan sistem online maka kecurangan pajak langsung merosot tajam. Industri kertas wajar lebih suka pemilu yang menggunakan kertas untuk dicoblos sebab menaikkan omset kertas secara bukan alang kepalang.

Omset dahsyat itu langsung lenyap jika pemilu diselenggarakan secara elektronik akibat bebas kertas. Dambaan pemilu on line tak kunjung terkabul akibat ditentang mereka yang lebih diuntungkan baik secara perolehan suara mau pun duit dari pemilu bukan online.

Menghindari Kerumunan

Mumpung Pemilu 2024 masih tiga tahun (apalagi konon KPU sedang meninjau kemungkinan mengundur pemilu 2024 sampai dengan 2027 atau entah kapan) maka saya beikhtiar resusitasi gagasan Pemilu online yang telah terkubur.

Masih ditambah kekhawatiran atas fakta bahwa Pemilu non online pasti menghadirkan kerumunan kondusif menularkan virus penyakit yang merusak saluran pernafasan.

Dampak buruk kerumunan telah terbukti secara de facto maka tak terbantahkan oleh Lebaran 2021 yang terbukti berhasil memicu gelombang baru virus Corona beserta para varian sanak mutasi yang ganas menerkam demi merusak kesehatan bahkan merenggut begitu banyak nyawa warga Indonesia.

Perdana

Insya Allah, pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Presiden Jokowi yang tersohor semangat kerakyatan dan kemanusiaannya berkenan jauh-jauh hari membentuk tim kerja khusus. Tim yang fokus mempersiapkan pemilu 2024 atau entah kapan agar dapat diselenggarakan secara online. Demi menghindari kerumunan yang rawan mengancam kesehatan bahkan nyawa rakyat Indonesia.

Nilai manfaat penyelenggaraan Pemilu secara online pada hakikatnya tidak kalah berharga bagi kepentingan rakyat ketimbang pembangunan ibu kota baru yang relatif lebih terbatas dinikmati rakyat.

Saya yakin Badan Riset dan Inovasi Nasional siap mengerahkan para putra-putra terbaik Indonesia. Para ilmuwan beserta teknolog informasi dan komunikasi terhebat agar Insya Allah pada pemilu masih pada masa kepresidenan Jokowi, bangsa Indonesia mampu menyelenggarakan pemilu secara online pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia.

Jika tidak mampu berarti tidak mau. Jika mau pasti mampu. Merdeka!rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA