Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemnaker Terus Optimalkan Peran Pusat Pasar Kerja Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 07 Juli 2021, 03:33 WIB
Kemnaker Terus Optimalkan Peran Pusat Pasar Kerja Nasional
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi/Ist
rmol news logo Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya mengoptimalkan peran pusat pasar kerja.

Tujuannya untuk mewujudkan sistem informasi pasar kerja nasional atau Labor Market Information System (LMIS).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, menyatakan, melalui sistem informasi pasar kerja nasional ini diharapkan seluruh sistem informasi pasar kerja yang telah ada saat ini dapat terintegrasikan, baik yang dikelola Kementerian/Lembaga pemerintah maupun swasta.

Menurut Anwar, sistem informasi pasar kerja yang terintegrasi merupakan suatu keniscayaan, terutama integrasi dengan data terkait kondisi industri.

Dengan demikian, dapat menghasilkan data yang dapat membantu penyiapan tenaga kerja yang siap diserap industri.

"Melalui sistem informasi pasar kerja nasional ini, kita optimis ke depan dapat memiliki forecasting demand tenaga kerja yang tepat, sehingga dapat mempersiapkan supply tenaga kerja lebih dini," ujar Anwar saat menjadi pembicara pada Webinar bertajuk "Strategi Pengembangan Sistem Informasi Pasar Kerja Nasional" pada Selasa (6/7).

Anwar mengemukakan, banyak pihak yang mengharap kehadiran pusat pasar kerja.

Karena nantinya, unit ini memiliki data ketenagakerjaan yang lengkap, serta memiliki berbagai panduan yang memudahkan para pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai bidangnya.

Pusat pasar kerja itu juga akan membantu meningkatkan kemampuan tenaga kerja Indonesia ke depan.

"Banyak yang berharap kepada pusat pasar kerja ini, utamanya agar dapat menjadi hub atau jembatan bagi tenaga kerja dan peluang/kesempatan kerja yang ada," ujarnya.

namun demikian, Ia mengingatkan agar pusat pasar kerja berjalan optimal diperlukan adanya sinergi dan kolaborasi antar unit yang ada di dalam Kemnaker.

Selain itu kolaborasi juga dengan Kementerian/Lembaga lain, sehingga dapat memberikan dampak positif pada penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

"Untuk itu, mari kita bersinergi secara berkesinambungan untuk bersama-sama memberikan kontribusi dan partisipasi positif dalam meningkatkan kompetensi masyarakat dalam rangka mewujudkan indonesia sejahtera," ucapnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA