Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program Tahun Magang Kemnaker Didukung Penuh Apindo Dan JJC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 02 Juli 2021, 21:37 WIB
Program Tahun Magang Kemnaker Didukung Penuh Apindo Dan JJC
Wakil Ketua Apindo bidang Ketenagakerjaan, Bob Azam/Ist
rmol news logo Langkah menjadikan tahun 2021-2022 sebagai The Year of Apprenticeship atau Tahun Magang disambut positif oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tahun Magang yang digagas Kementerian Ketenagakerjaan tersebut diyakini mampu mendukung upaya pemulihan ekonomi sekaligus meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

"Meskipun bukan hal mudah di masa pandemi, pemagangan bisa jadi solusi karena bisa memberikan pelatihan bagi pencari kerja. Bukan hanya untuk perusahaan besar, lebih penting perusahaan UKM," kata Wakil Ketua Apindo bidang Ketenagakerjaan, Bob Azam di Jakarta, Jumat (2/7).

Melalui program pemagangan, para pencari kerja bisa mengikuti pelatihan di perusahaan yang memiliki fasilitas pelatihan yang baik, sebelum nantinya bekerja di UMKM.

"Jadi ada kerja sama segitiga, pemerintah melalui BLK dengan perusahaan yang memiliki fasiltias pelatihan yang baik, terutama perusahan Jepang," jelasnya.

Untuk menyukseskan pencanangan program magang 2022-2022, Apindo mendorong perusahaan Jepang membuka diri untuk melakukan pemagangan dan pelatihan, termasuk transfer of technology.

"Terutama untuk perusahaan yang beroreintasi pada usaha kecil dan ekspor. Kami berharap JJC (Jakarta Japan Club) mampu optimal menyerap pemagangan untuk menyukseskan Year of Apprenticeship," lanjutnya.

Dukungan senada dikatakan oleh Chairman JJC Takuji Konzo. Dia menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintah mensukseskan pemagangan di seluruh perusahaan yang tergabung dalam JJC.

"Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia sebanyak 1500 perusahaan, 700 perusahaan merupakan anggota JJC. Kami akan sosialisasikan untuk membuka diri terhadap program pemangangan yang dicanangkan Kemnaker," jelas Takuji. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA