Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gotong Royong Melawan Corona

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Rabu, 30 Juni 2021, 11:29 WIB
Gotong Royong Melawan Corona
Jaya Suprana/Ist
AKHIRNYA pemerintah Republik Indonesia di tengah kemelut pro dan kontra berani memutuskan untuk lebih peduli terhadap kesehatan rakyat ketimbang ekonomi dengan memaklumatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan tambahan predikat “darurat”.

Sasaran tujuan utama PPKM adalah mencegah kerumunan masyarakat yang telah diyakini merupakan satu di antara penyebab utama penularan virus Corona dan segenap sanak-mutasinya.

Takdir


Sebagai warga lansia yang komorbid, setiap saat saya hukumnya wajib siap pasrah bahkan ikhlas menerima takdir terkait virus Corona. Satu per satu sahabat dan sanak-keluarga sudah terpapar Corona bahkan ada yang telah meninggalkan dunia fana ini.

Maka sama sekali tidak ada alasan bagi saya untuk dumeh merasa terkebur bahwa pada saat saya menulis naskah ini belum terpapar Corona. Setiap saat rawan tiba giliran saya terpapar Corona.

Pagebluk Corona menyadarkan saya bahwa saya hanya manusia biasa nun jauh dari kesempurnaan maka sama sekali tidak berdaya menentang takdir sebagai Kehendak Yang Maha Kuasa.

Memang untuk sementara saya masih bisa bertahan hidup namun kenyataan itu sepenuhnya semata berkat kemurahan hati Kehendak Yang Maha Kuasa.

Pagebluk Corona juga menyadarkan saya bahwa saya memang termasuk insan yang beruntung mampu mengisolasikan diri saya di dalam rumah saya sesuai dengan peraturan PPKM sebab saya bisa WFH alias bekerja dari rumah saya sendiri tanpa harus ke luar rumah.

Nafkah


Namun pagebluk Corona menyadarkan saya bahwa tidak semua warga seberuntung saya, sebab banyak warga terpaksa harus ke luar rumah demi mencari nafkah bagi mereka dan keluarga masing-masing.

Maka besar harapan saya bahwa sesuai dengan sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab sekaligus juga Keadilan Sosial Untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Pemerintah Indonesia berkenan peduli nasib rakyat yang tidak bisa mencari nafkah akibat harus menaati PPKM.

Tentu saja pemerintah tidak dibiarkan berjuang sendirian sebab seluruh warga negara dan bangsa Indonesia juga akan tergerak sanubari sesuai kemampuan masing-masing untuk membantu sesama warga yang kebetulan sedang membutuhkan bantuan akibat terdampak angkara murka pagebluk Corona.

Bagi yang merencanakan kegiatan rawan menghadirkan kerumunan seperti perayaan hari ulang tahun atau pernikahan seyogianya berkenan menunda, sesuai dengan yang telah diteladankan oleh pemerintah dengan menunda lomba balap mobil Formula E serta pembangunan ibukota baru sampai masa yang lebih kondusif.

Fastabiqul Khoirot

Saya Nasrani namun saya mengagumi kearifan Islam seperti misalnya fastabiqul khoirot yaitu bersaing untuk berbuat baik. Besar harapan saya, InsyaAllah segenap warga bangsa Indonesia mulai dari presiden sampai rakyat jelata alih-alih saling menyalahkan, mencurigai, membenci, tapi berkenan segera menunaikan fastabiqul khoirot.

Bersaing berbuat yang terbaik demi menggalang persatuan dan kesatuan maju-tak-gentar rawe-rawe-rantas-malang-malang-putung gotong-royong menderapkan langkah perjuangan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia melawan angkara murka virus Corona dan segenap sanak-mutasinya. Merdeka! rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA