Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Kapolri Ungkap Satu Celah Pemeriksaan Kedatangan Penumpang Luar Negeri Di Bandara Soetta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Bandara Soekarno Hatta/Net

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan masih ada celah terkait kedatangan penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Kapolri pun meminta agar Polresta Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan pemeriksaan terhadap para penumpang, baik WNI maupun WNA yang tiba di Bandara Soetta dari perjalanan luar negeri.

"Tadi saya lihat masih ada satu celah yang rekan-rekan harus perkuat, yaitu pada saat pengecekan PCR," ujar Listyo di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (12/5).

Untuk itu, ia meminta agar dilakukan pengecekan ulang khususnya pada saat diperiksa suhu menggunakan thermo gun.

"Saat diperiksa menggunakan thermo dan suhunya tidak normal, segera lakukan pemeriksaan antigen sehingga bisa lakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Listyo meminta agar polisi memastikan para penumpang dengan pesawat dari luar negeri apaan sudah mendapat vaksin. Sebab bila belum divaksin, kata dia, ada kemungkinan mereka menjadi carier.

Untuk itu, lanjut Listyo, dirinya meminta pihak kepolisian memastikan para WNA dan WNI yang baru tiba di Bandara Soetta mengikuti proses karantina.

"Proses karantina tidak boleh ada yang lolos. Jadi harus ada petugasnya. Pada saat mereka start dari bandara terus sampai di hotel yang ditentukan. Jadi tolong diatur dengan baik, kalau kekurangan anggota minta ke Polda Metro Jaya atau ke Mabes Polri," tutup Kapolri.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia