Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peluang Hasto Gantikan Mega Akan Sulit Jika PDIP Masih Ingin Dikenal Sebagai Partai Keluarga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 18 Maret 2021, 15:18 WIB
Peluang Hasto Gantikan Mega Akan Sulit Jika PDIP Masih Ingin Dikenal Sebagai Partai Keluarga
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/Net
rmol news logo Hasto Kristianto sangat layak menggantikan posisi Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jika pengkaderan si tubuh partai berlambang banteng itu berjalan dengan baik.

"Kalau pengkaderan di tubuh PDIP jalan dengan sebagai mana mestinya, maka Hasto sangat layak dapat menggantikan Megawati," ujar Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/3).

Namun kata Saiful, jika PDIP masih ingin dikenal sebagai partai keluarga, maka Hasto sulit untuk menggantikan posisi Megawati.

"Karena masih ada Puan dan tokoh lainnya masih memiliki kekerabatan dengan Megawati," kata Saiful.

Sehingga kata Saiful, PDIP harus memikirkan tokoh di luar kekerabatan Megawati jika ingin merebut simpati publik.

"Tentu itu sangat sulit, tapi kalau ingin memunculkan stigma publik bahwa PDIP ingin bertransformasi menjadi partai modern, maka sudah semestinya pergantian kekuasaan dalam parpol tidak menunjukkan motif kekeluargaan seperti halnya dalam tubuh Partai Demokrat yang pada akhirnya menimbulkan gejolak antar kader," terang Saiful.

"Bukan tidak mungkin apa yg terjadi didalam tubuh partai demokrat bakal terjadi pula didalam tubuh PDIP kalau PDIP tidak meregenerasi kader-kadernya untuk dapat menduduki posisi ketua umum dalam struktur parpol," pungkas Saiful.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA