Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warisan Peradaban Islam Di Spanyol

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Selasa, 02 Februari 2021, 09:49 WIB
Warisan Peradaban Islam Di Spanyol
Ilustrasi/Net
BANGUNAN arsitektural merupakan fakta sejarah warisan peradaban umat manusia di planet bumi. Sebagai umat Nasrani, saya mengagumi mahakarya arsitektur warisan peradaban Nasrani di Vatikan, Paris, Chartres, London, Lincoln, York, Moskow, St Petersburg, Oslo, et cetera.

Namun saya juga terpesona oleh keindahan mahakarya arsitektur Buddhisme di Borobudur, Angkor, Bagan, Nara, Beijing, Lhasa, Kathmandu, Bhaktapur, dll.

Demikian pula keindahan arsitektur peradaban Hindu di Prambanan, Puri Besakih, My Son di Vietnam, Khajuraho di Madya Pradesh, Khaliasa di Ellora, dll. Membuat saya terkesima.

Ketika mengunjungi Kota Granada, Andalusia Spanyol, sukma estetikal maupun spiritual saya pun tergetar menyaksikan keindahan arsitektur peradaban Islam di Al-Hambra.

Spanyol

Aristektur Islam di Spanyol memiliki beberapa ciri antara lain bingkai gerbang tapal kuda, motif geometris rumit, dekorasi mendetail serta makna spiritual yang mendasar.

Sampai masa kini keindahan warisan peradaban Islam di Spanyol masih terasa pada musik Spanyol serta arstektur Islam yang menjadi destinasi utama wisata kebudayaan Spanyol yang tampak pada El Banuelo di Granda, Mezquita, Medina Azahara, dan Menara Calahorra di Cordoba.

Begitu pula di Kastil Gormaz di Kastila dan Leon, Giralda, Real Alacazar dan Torre del Oro di Sevilla, Aljaferia Zaragoza, Kastil Zafra di La Mancha, Kastil Gibralfaro di Malaga, Alcazaba di Almeria, Alcazar Jerez de la Frontera, dan Castillo de Molina de Aragon.

Toledo


Keindahan warisan peradaban Islam juga dapat disimak pada seluruh bangunan warisan masa Moor-Empire di Toledo. Di masa kini Toledo merupakan destinasi utama wisata-budaya Spanyol sebagai sebuah kota museum terbuka yang secara nyata lapangan memperagakan warisan peradaban Islam di Spanyol.

Toledo merupakan fakta sejarah bahwa pada masa kehadiran peradaban Islam di persada Spanyol sejak abad XII sampai dengan XV, kerukunan antarumat beragama Yahudi, Nasrani, dan Islam serta pengembangan ilmu pengetahuan mengalami masa keemasan gilang-gemilang.

Pada hakikatnya Moor-Empire memang beda dari Ottoman-Empire. Terutama dalam hal Moor-Empire hadir di Spanyol secara damai melalui jalur kebudayaan. Sementara Ottoman-Empire hadir di Turki melalui jalur kekerasan militer. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA