Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menelusuri Stokastika

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Jumat, 29 Januari 2021, 00:14 WIB
Menelusuri Stokastika
Jaya Suprana/Ist
ISTILAH stokastika adalah buatan saya pribadi sebagai upaya meng-Indonesia-kan istilah stochastic yang didefinisikan oleh Merriam-Webster Dictionary sebagai:
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
1: RANDOM specifically: involving a random variable a stochastic process/
2: involving chance or probability: PROBABILISTIC a stochastic model of radiation-induced mutation.

Secara etimologis istilah stokastika berasal dari bahasa Yunani stochastikos yang dalam bahasa Inggris bermakna skillful in aiming serta stochazesthai yang bermakna to aim at, guess at serta stochos = target, aim, guess.

Probabilitas

Proses stokastika di dalam pemikiran teori probabilitas merupakan suatu proses yang melibatkan operasi kemungkinan atau peluang. Misalnya suatu pembusukan radioaktif pada setiap atom terkait pada probabilitas keruntuhan terbaku pada setiap waktu.

Secara umum, proses stokastika terujuk pada sekerumunan random variables terindeks melawan variabel lainnya atau set terdiri aneka keragaman. Stokastika merupakan satu di antara sekian banyak obyek general studi probabilitas.

Jenis proses stokastika sangat beranekaragam antara lain proses Poisson terkait pembusukan radioaktif serta serial waktu. Pengindeksan proses stokastika bisa diskret namun juga bisa berkesinambungan terkait pada sifat perubahan terkait waktu.

Kompleksitas

Di ranah biomolekeluar nirkasat-mata, stokastika digunakan untuk menghitung pertumbuhan populasi virus yang mustahil dihitung satu-persatu. Di kawasan fisika untuk menyimak fluktuasi arus listrik akibat “keberisikan” thermal. Di khasanah kimia untuk mendeteksi gerak molekul gas.

Secara andaikatamologis proses stokastika berdayaguna sebagai model telaah matematikal terhadap sistem dan fenomena bersifat acak, maka cenderung tak terduga di ekologi, neurosains, image processing, teori kontrol, teori informasi, sains computer, kriptografi, telekomunikasi, astronomi, astrobiologi, kosmologi et cetera.

Perubahan acak di pasar modal mengekstensifkan pemikiran proses stokastika di bidang keuangan serta ekonometri.

Sangat mungkin keliru namun saya sebagai insan awam merasa bahwa stokastika serumpun dengan kombinarotika untuk bergabung ke kerumunan teori kompleksitas.

Proses Wina digunakan Lois Bachelier mempelajari fluktuasi harga saham di pasar bursa Paris sementara proses Poisson digunakan A.K.Erlang menduga jumlah pembicaraan lewat telepon yang terjadi pada kurun waktu tertentu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA