Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkamologi Empatbelas

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Rabu, 30 Desember 2020, 07:41 WIB
Angkamologi Empatbelas
Oniscidia/Net
DEMI tidak berhenti pada naskah Angkamologi Tigabelas akibat 13 kerap dihakimi sebagai angka sial maka menjelang akhir tahun 2020 saya sengaja lanjut ke naskah Angkamalogi Empat-belas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di dalam bahasa Indonesia 4 merupakan angka pertama yang berakhir pada huruf konsonan, maka 14 merupakan angka-ganda pertama ditulis dengan dua huruf konsonan (t dan b) yang berdampingan di tengah sebuah kata.

Para matematikawan-wati menganggap angka 14 sebagai angka komposit yang di dalam sistem heksadesimal disimbolkan sebagai E . 14 adalah angka square pyramidal ke tiga karena 14 = 1+4+9.

Berdasar pemikiran Euler tentang fungsi totient, 14 adalah angka non-totient genap pertama. 14 set bisa digenerasi dengan aplikasi klosur dan operasi komplemen dengan segala kemungkinan sekuensa sebuah set angka nyata.

14 dianggap angka refrigit terkecil di khasanah deret angka Fibbonaci. 14 juga disebut sebagai angka Katalan dan pendamping angka Pell atas alasan yang saya tidak mengerti. Konon ada 14 lattices Bravais yang dapat mengisi ruang tiga dimensional.

Teknik pengukur waktu Carbon-14 merupakan neuklus isotop radioaktif terdiri dari 6 proton dan 8 neutron. Silikon memiliki 14 atom serta 14 adalah kira-kira berat sebuah atom nitrogen.

Menurut Injil Matthius terdapat 14 generasi dari Ibraham ke Daud, 14 generasi dari Daud ke eksil Babylon, serta 14 generasi dari eksil Babylon ke kedatangan Messiah.

Terdapat 14 Muqatta pada Al Quran. Rama mengembara di hutan bersama Laksama dan Shita selama 14 tahun.

Menurut mitologi Mesir kuno tubuh Osiris dibelah dua kali tujuh oleh Set sementara di dalam mitologi Yunani kuno, Minotaur menuntut 14 korban.

Terdapat 14 titik kesepakatan Perjanjian Versailles demi mengakhiri Perang Dunia I yang berlanjut ke Perang Dunia II yang semoga tidak berlanjut ke Perang Dunia III.

Johann Sebastian Bach menggemari angka 14 sebab nama Bach apabila dijumlah berdasar urutan angka 2+1+3+8=14.

Edward Elgar menggubah 14 variasi di dalam mahakarya Enigma Variations. Sonata 0pus 27 nomor 2 dalam cis-kecil untuk pianoforte mahakarya Ludwig van Beethoven yang tersohor dengan julukan Sonata Sinar Bulan dipersembahkan untuk Pangeran Moritsz dari Lichnowski menduduki urutan nomor 14 di antara 32 sonata untuk pianoforte gubahan Beethoven.

Soneta terdiri dari 14 baris ditulis dengan parameter iambik dan terbagi menjadi oktet dan sestet.

Jenis krustasean Oniscidia yang kerap ditemukan di balik bebatuan di taman ternyata berkaki 14 diduga berasal dari hewan purba Hallucigenia pada masa kambrian (lihat foto ilustrasi di atas naskah ini).

Di dasar samudra masa kini juga masih ditemukan satwa berkaki 14 yaitu isopod raksasa alias Bathynomus giganteus sebagai moyang Oniscidia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA