Peradaban Islam Mempengaruhi Renaisan

Ilustrasi/Ist

PARA penyandang Islamophobia sebaiknya jangan membaca buku tulisan mahafisikawan Inggris, Jim Al-Khalili, dengan judul "The House of Wisdom" diperpanjang subjudul berkepanjangan "How Arabic Science Saved Ancient Knowledge and Gave Us the Renaissance".

Judul "The House of Wisdom" terkesan tidak bermasalah. Namun subjudul "How Arabic Science Saved Ancient Knowledge and Gave Us the Renaissance" naga-naganya rawan menggelitik rasa tidak nyaman pihak tertentu, sehingga siap habis-habisan membantai buku Jim Al-Khalili.

Peradaban


Sang penerima The Royal Society of London's Michael Faraday Prize serta Institute of Physics Kelvin Medal dan pada 2016 dianugrahi penghargaan Stephen Hawking Medal for Science Communication itu meyakini peradaban Islam memiliki peran tersendiri dalam menggairahkan pemikiran masyarakat Eropa menyelenggarakan gerakan peradaban Renaisan.

Banyak kreasi inovasi para pemikir Eropa berakar pada lahan peradaban Islam pada abad pertengahan yang sempat dianggap sebagai abad kegelapan bagi peradaban Eropa.

Meski apa yang disebut sebagai abad kegelapan sebenarnya tidak gelap-gelap amat. Sebab, sebenarnya banyak pemikiran para tokoh Renaisan di Eropa justru berasal dari abad pertengahan.

Objektif

Akibat Islamophobia yang muncul setelah Perang-Perang Salib, maka peradaban Islam sempat sengaja ditenggelamkan oleh para tokoh peradaban Eropa seperti Dante, Petrarka, Erasmus.

Para tokoh pemikir Renaisan secara sadar atau tidak sadar Eropasentris, maka berusaha menghapus sejarah peradaban Islam dari kesadaran peradaban Eropa.

Maka di dalam buku best-seller pada masa Clash of Civilizations antara Barat dan Timur versi Huntington sedang berlangsung di masa kini, Jim Al-Khalili berupaya menggali kembali sejarah peradaban Islam dan Arab yang dihapus dari kesadaran peradaban Eropa.

Namun Jim Al-Khalili masih mampu berikhtiar tetap objektif demi tidak mengkhianati kenyataan perkembangan sejarah.

Di dalam "The House of Wisdom", Jim Al-Khalili tidak lupa mengemukakan fakta sejarah yang perlu dipertanyakan mengenai kenapa jika peradaban Islam sempat berkinerja gilang-gemilang pada masa abad pertengahan lalu yang sejak abad XVI sampai masa kini tampak gejala de facto memudarnya kegilang-gemilangan peradaban Islam tersebut.
EDITOR: AGUS DWI

Komentar


Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet Dan Koalisi 2024

Selasa, 20 April 2021
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021

Artikel Lainnya

Solusi Tanpa Mempermalukan
Jaya Suprana

Solusi Tanpa Mempermalukan

21 April 2021 09:45
Paradoksa Ketenagakerjaan
Jaya Suprana

Paradoksa Ketenagakerjaan

20 April 2021 08:36
Maju Mundur Melarang Miras
Jaya Suprana

Maju Mundur Melarang Miras

19 April 2021 09:21
Refrigerator Tanpa Tenaga Listrik
Jaya Suprana

Refrigerator Tanpa Tenaga Li..

18 April 2021 20:43
Indonesia Berprestasi Superlatif Vaksinasi
Jaya Suprana

Indonesia Berprestasi Superl..

17 April 2021 09:16
Larva Paling Horor
Jaya Suprana

Larva Paling Horor

16 April 2021 09:29
Revolusi Peradaban Akibat Corona
Jaya Suprana

Revolusi Peradaban Akibat Co..

14 April 2021 09:12
Taiwan Berjaya Melawan Corona
Jaya Suprana

Taiwan Berjaya Melawan Coron..

13 April 2021 09:28