Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkamologi Delapan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Selasa, 27 Oktober 2020, 07:24 WIB
Angkamologi Delapan
Angka 8/Net
MENURUT selera saya, bentuk angka yang paling indah adalah 8 seperti 1 yang apabila di balik tetap berbentuk sama. 8 apabila dihorisontalkan mirip simbol infinitas.

Bagi masyarakat tradisional China yang percaya bahwa angka 4 adalah angka sial, maka angka 8 adalah angka ganda sial sebab 8=4X2. Meski ada pula yang percaya 8 justru angka keberuntungan selaras mashab percayamu percayamu, percayaku percayaku.

Kita dapat menemukan angka tiga digit dan di atasnya terbagi oleh 8 apabila tiga digit terakhir bisa dibagi 8  misalnya 248 atau 484 apalagi 888. Maka 13.657.488 pasti bisa dibagi 8 tetapi 13.657.499 tidak bisa. Yang dimaksud adalah hasil pembagian harus angka utuh sebab 13.657.499:8=1.707.187 koma 3. 

Delapan merupakan angka kubus ke dua karena 8=2 pangkat 3. Posisi 8 didahului oleh angka prima terakhir pada angka satu digit = 7.

Ada delapan nada pada kurun satu oktaf di dalam sistem tangga nada musik Barat, meski nada pertama dan nada ke delapan sebenarnya sama hanya beda satu oktaf.

8 merupakan angka oktagonal ke dua berdasar formula n(3n-2) seperti tampak pada sekuensa 1 8 21 40 65 96 dan seterusnya.

Saudara kandung saya ada delapan orang terdiri dari 2 perempuan dan 6 lelaki yang tentu punya makna tersendiri bagi tukang ramal berdasar angka yang tidak ingin saya ketahui demi menghindari dampak self-fulfilling prophecy.

Berdasar proyeksi teori metamatematikal yang digabung dengan dalil 8 dimensional ruang dibagi 3 bidang segi tujuh maka 8 merupakan bilangan setara bilangan prima mana pun juga. Anda tidak percaya? Bagus! Kalimat tanpa makna itu sekedar test apakah anda benar-benar membaca naskah ini secara cermat atau asal baca saja.

Bagi yang marah ditest silakan berhenti membaca naskah ini sampai di sini saja. Bagi yang tidak marah silakan lanjut baca atas tanggung-jawab sendiri.

Bujur Sangkar Ajaib mustahil dibentuk dengan 8 tetapi 9 kotak. Namun konon pada usia 16 tahun, Richard Myers menemukan metode untuk bikin Bujur Sangkar Ajaib dengan menggunakan notasi 8 sementara Richard Schroepel dan Ernst Staus menemukan apa yang disebut sebagai 0rder-7 Magic Cubes.

Pemikir Danemark, Emmanuel Swedenborg menemukan sistem oktonari yang konon lebih sederhana untuk diingat ketimbang sistem binari. Di dalam Timaeus, Platon menyatakan oktahedron memiliki 8 wajah triangular, 6 vertises dan 12 edges membuat dual kubus dengan 8 vertises, 6 wajah dan 12 edges.

Semua penjelasan tidak jelas itu sekedar demi serius memperjelas bahwa angka 8 memang memiliki peran penting dalam aritmatika dan geometri maka dengan sendirinya juga matematika. Terserah anda mau percaya atau tidak.

Namun saya percaya  oktagon memiliki 8 sisi serta oktopus punya 8 kaki kendati Oktober bukan bulan ke 8. Sementara kaki laba-laba delapan yang membedakan laba-laba dari serangga. Mata laba-laba lazimnya 8, maka layak disebut sebagai mata-mata Shima Marineland Squarium punya koleksi jenis oktopus berkaki 96 sebab memiliki tambahan 88 kaki.

Roda dengan 8 cakra yang disebut sebagai Dharmachakra merupakan satu di antara 8 lambang utama Buddhisme.

Memang saya tahu bahwa angkamologi tidak hanya terkait dengan matematika namun merambah ke segenap aspek peradaban umat manusia. Namun saya tidak tahu apa penyebab roda sepeda apabila mengalami kecelakaan kerap berbentuk angka 8.

Saya juga tidak tahu kenapa Michael Phelps berhasil memenangkan 8 medali emas pada Olimpiade 2008 yang dimulai pada tanggal 8 bulan 8 dengan berenang di kolam renang yang lazimnya dibagi menjadi 8 jalur dan mahaperenang Amerika Serikat ini kerap kali berlomba di jalur tengah.

Memang masih amat sangat terlalu banyak hal yang bukan saya tahu bahwa saya tidak tahu tetapi malah tidak tahu bahwa saya tidak tahu tentang angkamologi 8. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar angkamologi

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA