Protes Mempelajari Jari

Kwartet gesek/Net

NASKAH "Mempelajari Jari" (25 September 2020) memperoleh protes dari para pemusik yang menilai naskah tersebut terlalu pianosentris sehingga lalai fakta bahwa jari bukan hanya berguna untuk main piano namun untuk memainkan semua alat musik kecuali pita suara manusia.

Fungsi

Segenap instrumen musik gesek, tiup, petik, perkusi hanya bisa berfungsi apabila menggunakan jari. Alat musik tiup memang berbunyi apabila ditiup namun untuk bisa ditiup alat musik tiup harus dipegang dengan jari tangan. Meski ada pula yang mencoba memegang dengan jari kaki.

Ada pula yang protes kenapa jari dibahas tetapi kuku jari tidak, padahal setiap jari lazimnya ada kukunya. Bahkan perawatan kuku jauh lebih penting ketimbang perawatan jari yang tidak senantiasa tumbuh.

Manusia lebih sering memeriksa kuku ketimbang jari agar jangan tumbuh terlalu panjang karena jika terlalu panjang bisa mengganggu fungsi jari. Meski ada pula yang sengaja memelihara kuku sampai kepanjangan tertentu di samping memberi warna-warni pada kuku. Pertumbuhan kuku secara tidak benar bisa menimbulkan infeksi pada jari.

Para ilmuwan komunikasi protes bahwa naskah saya tidak membahas betapa banyak fungsi jari sebagai media komunikasi.

Misalnya jari telunjuk dalam kondisi statis berfungsi menunjuk ke arah tertentu namun apabila digoyang-goyangkan berfungsi sebagai peringatan. Jari telunjuk juga bisa berdayaguna sebagai pengitik-itik atau penowal-nowel di samping pembersih lubang hidup. Terkadang telunjuk juga bisa berfungsi sebagai pencongkel sisa makanan alias slilit di sela-sela gigi.

Perpaduan antara ibu jari dengan jari telunjuk bisa berfungsi mengambil namun juga bisa menyubit, menylentik, menjawil, menowel, menutul tombol hape mau pun menjewer telinga orang lain atau memencet lubang hidung diri sendiri.

Multi Fungsi

Pada masa kampanye pilpres, isyarat jari ampuh menampilkan angka satu, dua atau tiga tergantung berapa capresnya sambil digunakan sebagai identitas capres mana di antara para capres yang didukung meski belum tentu akan dipilih di bilik coblosan.

Isyarat agar kita jangan tidak terlalu banyak bicara adalah dengan meletakkan jari telunjuk secara vertikal pada bibir mulut.

Tanpa jari seorang ahli bedah sulit menunaikan tugasnya.

Menurut para evolusionis kondisi lima jari tangan dan kaki pada subkelompok vertebrata amfibi (kodok, katak, salamander, caecilian) dan amniota (mayoritas burung, mamalia, reptilia) merupakan bagian proses evolusi sekitar 340 juta tahun yang lalu pada masa perioda Awal Karboniferosa yang membuktikan terjadi evolusi dari mahluk hidup dengan enam sampai dengan delapan jari.

Fungsi utama jari untuk memegang, memanjat dan menerkam mangsa.

Dilengkapi kuku, jari bagus berfungsi sebagai penggaruk. Bahkan di jaman peradaban setelah ada sekrup, kuku jari juga potensial berfungsi sebagai pembuka sekrup.

Pendek kata para pemrotes naskah "Mempelajari Jari" memang benar bahwa jari memang sulit sempurna dibahas akibat multi fungsi seolah tak kenal batas sebab sepenuhnya tergantung pada niat sang penggunanya.

Penulis adalah pembelajar peradaban.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Angkamologi Delapan
Jaya Suprana

Angkamologi Delapan

27 Oktober 2020 07:24
Kira-Kira-Yak-E-Ndak-Tentu
Jaya Suprana

Kira-Kira-Yak-E-Ndak-Tentu

26 Oktober 2020 08:34
Listrik Di Dalam Tubuh Kita
Jaya Suprana

Listrik Di Dalam Tubuh Kita

25 Oktober 2020 19:38
Upaya Memahami Makna Kuantum
Jaya Suprana

Upaya Memahami Makna Kuantum

24 Oktober 2020 08:47
World Traditional Medicine Day
Jaya Suprana

World Traditional Medicine D..

22 Oktober 2020 19:31
Memprihatini Perang
Jaya Suprana

Memprihatini Perang

21 Oktober 2020 07:17
Jangan Lecehkan Pinokio!
Jaya Suprana

Jangan Lecehkan Pinokio!

20 Oktober 2020 07:26
Angkamologi Tujuh
Jaya Suprana

Angkamologi Tujuh

18 Oktober 2020 16:41